KENALI MANFAAT GIZI SAYURAN PELANGI

KENALI MANFAAT GIZI SAYURAN


Kesehatan menjadi hal yang paling utama dalam keseharian kita. Saat tubuh tergolek sakit, nyaris seluruh aktifitas kita menjadi terganggu. Bekerja, beraktifitas sosial, dan sebagainya.
Nah, untuk menjaga kesehatan, kita perlu mengatur asupan gizi untuk tubuh kita. Menurut para pakar gizi, kita perlu mengonsumsi sedikitnya lima kelompok bahan pangan berwarna setiap hari, yakni merah, putih, biru atau ungu, kuning, dan hijau.
Warna yang dihasilkan dari tumbuhan menunjukkan keberadaan fitokimia tertentu yang berkhasiat dalam pencegahan penyakit tertentu. Karena itu kenali manfaat di balik sayuran dan buah karena beda warnanya jelas beda khasiatnya.

WARNA KUNING ATAU ORANYE
Untuk melindungi kesehatan mata dan fungsi daya ingat, bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi secara rutin buah-buahan dan sayuran berwarna kuning atau oranye. Zat ini juga mampu melindungi kulit dari risiko paparan sinar matahari.
Aneka macam jenis jeruk juga merupakan sumber vitamin C serta antioksidan. Zat tersebut bakal meningkatkan sistim imunitas tubuh, melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan membangun kembali kolagen dalam kulit. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi.
Buah-buahan yang berwarna kuning juga kaya akan potasium yang bermanfaat mencegah stroke dan penyakit jantung koroner.

WARNA PUTIH
Kelompok buah serta sayuran yang berwarna putih adalah kembang kol, kol, sawi putih, bawang putih, pisang, jamur, dan kentang. Warna putih dalam bahan pangan ini berasal dari antozantin, jenis flavonoid yang memiliki sifat antioksidan.
Keunggulan dari kelompok putih ini adalah mampu menurunkan risiko kanker prostat, meningkatkan aktifitas kekebalan tubuh dan juga tinggi akan potasium.

WARNA BIRU ATAU UNGU
Buah dan sayuran yang berwarna biru atau ungu mempunyai fitokemikal seperti antosianin. Zat ini banyak terdapat dalam blueberry, anggur ungu dan kismis hitam. Ada lagi phenolik yaitu zat yang ditemukan dalam terung, plum dan kismis. Zat ini mengandung antioksidan yang sangat kuat. 
Antioksidan dalam buah dan sayur berwarna gelap ini telah terbukti dapat memperlambat proses penuaan, terutama risiko penurunan daya ingat.

WARNA MERAH
Buah serta sayuran yang berwarna merah kaya akan fitonutrien likopen dan antosianin. Warna merah ini adalah pigmen warna alami pada bahan pangan ini. Likopen, akan ditemukan pada tomat, jambu biji atau semangka. Manfaatnya sebagai zat anti penuaan dan melindungi kanker, terutama kanker prostat.
Antosianin, juga berwarna merah, terdapat dalam stroberi, anggur merah, apel merah dan ceri. Buah-buahan ini sangat penuh dengan antioksidan yang melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Senyawa ini juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga tekanan darah tetap terkontrol.
Studi terkini menunjukkan antosianin dalam buah ceri mengandung antiinflamasi yang berguna untuk meredakan sakit pada penderita asam urat atau peradangan rematik.

WARNA HIJAU
Warna hijau dalam sayuran dan buah disebabkan karena adanya pigmen klorofil. Sedangkan warna gelapnya karena zat lutein dan zeaxanthin adalah dua karotenoid yang ditemukan pada kacang polong warna kuning, bayam dan sayuran hijau gelap lainnya.
Kedua senyawa ini diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko katarak. Selain itu zat ini juga kaya akan serat dan sumber potasium, magnesium dan folat. Zat tersebut sangat dianjurkan dikonsumsi bagi mereka yang sedang merencanakan kehamilan.        











































0 komentar:

Random Post