APA MASIH BISA MENGHASILKAN UANG DENGAN ADSENSE?



AdSense mungkin adalah cara yang paling terkenal untuk menghasilkan uang secara online tetapi apakah itu nyata? Dapatkah kita tetap menghasilkan uang dengan AdSense? Membiayai hidup Anda dari AdSense? Saya akan mencoba merangkum berdasarkan pengalaman beberapa sumber sebagai pengguna AdSense termasuk juga contoh dari website sukses yang menggunakan AdSense.

APA ITU GOOGLE ADSENSE?
Mayoritas pengguna internet mungkin sedikit banyak telah paham Google AdSense tetapi demi menjaga agar para pemula tetap up-to-date, berikut adalah gambaran singkat tentang program dan manfaat utamanya:
  • Milik Google
  • Merupakan sumber utama pendapatan Google, dimana pada tahun 2012 keuntungan di kuarter III dari AdSense sebesar 3,13 milyar USD yang mewakili sekitar 27% dari pendapatan Google.
  • Gratis untuk semua publisher.
  • Advertisers atau para pengiklan menggunakan program Adwords untuk mengiklankan produk atau jasa mereka di website AdSense. Mereka hanya membayar bila seseorang meng-klik iklan mereka (PPC atau Pay Per Klik).
  • Publishers atau para penerbit menerima 68% dari pendapatan sedangkan Google sebesar 32%. Sebagai contoh jika pengiklan membayar $1 tiap klik, maka 68 sen akan jadi milik penerbit dan 32 sen ke Google.
  • Biaya penghitungan per klik didasarkan pada sistem jenis lelang.
  • Sangat mudah digunakan.
  • Merupakan platform iklan yang paling dipercaya di internet saat ini dan dapat menghasilkan sebagian besar pendapatan untuk publisher (dibandingkan dengan sistem PPC lain yang sejenis).
  • AdSense selain untuk situs web konten, juga berlaku untuk situs game, video, ponsel, dan produk pencarian.

APA SAJA YANG DIBUTUHKAN AGAR GOOGLE ADSENSE DAPAT MENGHASILKAN UANG?
AdSense itu sudah pasti gratis, mudah digunakan, anda memperoleh 68% dari pendapatan, lalu apalagi yang Anda butuhkan agar menghasilkan uang melalui AdSense?

Perlu Konten yang "kaya" disitus Anda
AdSense sangat menyukai situs yang kaya konten. Konten dapat berupa apa saja termasuk teks, gambar, video, asalkan tidak melanggar kebijakan konten AdSense.

Meskipun begitu, disarankan pula memiliki teks pada halaman agar crawler AdSense dapat mengetahui lebih jelas tentang apa website Anda. AdSense lebih cocok untuk website yang mempublikasikan artikel, studi kasus, panduan, termasuk juga kisah dan pengalaman sukses.

Perlu sebuah website berkualitas tinggi
Tidaklah cukup jika hanya mempublikasikan konten yang tidak melanggar kebijakan konten AdSense, namun Anda juga perlu menyediakan konten yang berkualitas tinggi. Para pengiklan sangat percaya pada Google atas biaya yang mereka keluarkan, oleh karena itu mereka tidak ingin iklan mereka muncul disitus web yang berkualitas rendah. Pada masa lalu konten yang biasa-biasa saja mungkin masih bisa diterima, tapi beberapa tahun terakhir ada perubahan kebijakan yang lebih ketat terhadap situs web yang akan menggunakan AdSense.

Website harus memiliki traffic tinggi
AdSense merupakan satu cara bagus untuk menghasilkan uang secara online dan ini mungkin cara termudah asalkan Anda memiliki sejumlah traffic tinggi yang berkualitas di website Anda. Saya tidak dapat memberikan angka yang pasti mengenai jumlah uang yang akan Anda peroleh karena itu tergantung pada pendapatan per-klik dan jumlah klik yang diperoleh, namun menurut saya belum lah cocok untuk menggunakan AdSense jika visitor unik per hari dari sebuah website kurang dari 300-400. Meskipun secara umum semakin banyak traffic yang Anda dapatkan, semakin banyak pula uang yang diperoleh melalui AdSense.

Rancang keywords yang tepat
Jika konten Anda memiliki keywords yang tepat maka perolehan uang akan semakin banyak dengan AdSense ataupun dengan program iklan lainnya. Lalu keywords yang tepat itu seperti apa? Yaitu keywords yang digunakan oleh pengiklan untuk mempromosikan produk mereka sehingga persaingan semakin besar, serta kata kunci tindakan. Kata kunci tindakan lebih efektif karena para pengguna lebih memungkinkan untuk mengambil tindakan "mengkonversi" setelah mereka meng-klik.

Mari kita lihat contoh berikut: Anggap saja Anda memiliki dua website dengan niche penurunan berat badan yang sedang menggunakan AdSense. Kedua situs tersebut mendapatkan traffic organik dengan jumlah yang sama dan juga memiliki iklan diposisi yang sama. Situs pertama sedang mengalami kunjungan dengan topik "kiat penurunan berat badan", "cara menurunkan berat badan", "menghilangkan lemak diperut" sedangkan situs satu lagi sedang menerima traffic dengan keywords: "mengapa air minum itu penting", "makan apa setelah makan malam", "berapa kali makan dalam sehari".

Situs yang pertama memiliki peluang besar untuk memperoleh pendapatan dari AdSense karena banyak pengiklan tertarik akibat keywords tersebut sehingga jumlah iklan relevan yang tersedia akan semakin banyak. Para pengunjung juga cenderung lebih sering meng-klik karena mereka yang pada saat itu sedang mencari tips atau solusi lebih cenderung meng-klik iklan yang relevan dibandingkan pengunjung yang hanya mencari informasi umum.

Hal inilah yang juga menjadi alasan mengapa traffic organik dianggap lebih berharga dari pada bentuk traffic lainnya karena mereka tepat sasaran dan lebih baik dalam mengkonversi klik menjadi uang.

Anda harus benar-benar mematuhi kebijakan AdSense
Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa 1/3 dari pendapatan Google berasal dari AdSense sehingga mereka sangat serius dalam mengelola program mereka. Meskipun relatif mudah bagi setiap orang untuk mendapatkan akun AdSense, namun jika Anda 100% tidak bermain sesuai dengan aturan mereka maka kehilangan akun menjadi resiko Anda.

Bahkan jika Anda seorang pendatang baru sebagai publisher AdSense, pastikanlah membaca terlebih dulu kebijakan mereka sebelum menerapkan AdSense disitus Anda. Hapus dari pikiran Anda rencana-rencana untuk mengelabui sistem dan selalu ingat bahwa mereka telah mempekerjakan orang-orang terbaik untuk memastikan bahwa tak seorang pun mampu melewati aturan dan kebijakan mereka.

Anda harus memiliki website dengan sebuah tujuan dan tidak dibuat untuk AdSense
Walaupun AdSene merupakan cara bagus untuk menguangkan website Anda, bagi Google adalah hal yang tidak menguntungkan jika website yang dibuat hanya bertujuan mengejar iklan AdSense. Hal penting yang harus dimengerti adalah kejelasan tujuan dari website atau blog Anda diluar keinginan untuk menghasilkan uang.

Anda jelas ingin menggunakan AdSense untuk menghasilkan uang, mulai dari membangun blog yang banyak pengunjung serta traffic-nya, Anda dapat menggunakan AdSense untuk mendapatkan uang tambahan melalui website tersebut sambil menjual produk dan layanan Anda tentunya, namun itu bukan suatu ide yang sangat baik membuat sebuah blog kemudian mulai menerbitkan konten yang biasa-biasa saja dengan tujuan mendapatkan traffic organik lalu menjalankan AdSense untuk mendapatkan uang. Dimasa lalu cara ini mungkin pernah berhasil, tapi sekarang tidak lagi.

APAKAH ADSENSE DAPAT DIANDALKAN SEBAGAI MATA PENCAHARIAN?
Telah dijelaskan diatas apa saja yang diperlukan agar menghasilkan uang dengan AdSense namun dapatkah ini diandalkan sebagai mata pencaharian? Dengan kata lain apakah Anda bisa mengandalkan 100% AdSense untuk membiayai segala pengeluaran Anda?

Jawabannya adalah tidak bisa. Alasannya bukan karena Anda tidak mampu menghasilkan ribuan dollar tiap bulan dan hidup berkecukupan, namun karena Anda tidak bisa hanya mengandalkan pada satu sumber pendapatan.

Dunia on-line lebih dinamis dari pada dunia off-line dan Anda tidak dapat beranggapan bahwa akan selalu ada ribuan orang yang mengunjungi website dan meng-klik iklan dan menganggap AdSense tetap ada selamanya. Mungkin bisa saja itu terjadi, namun tidak bisa dijadikan sumber pendapatan. Kurangi resiko dan kembangkan pendapatan Anda akan selalu menjadi latihan terbaik baik itu on-line maupun off-line.

KESIMPULAN
AdSense mungkin cara yang termudah, lebih terpercaya dan terbaik dalam menghasilkan uang secara on-line. Asalkan website Anda memenuhi kriteria yang dijelaskan diatas, Anda dapat menikmati pendapatan bulanan yang menyenangkan dengan memanfaatkan konten Anda dan cara terbaik dalam menggunakan waktu on-line Anda.

Disisi lain, Anda tidak boleh hanya mengandalkan AdSense saja seandainya Anda ingin menghabiskan waktu dari pagi hari sampai pagi hari berikutnya mencari penghasilan secara on-line. Lihatlah contoh yang Anda inginkan dari orang-orang yang bekerja secara on-line. Semua orang setuju bahwa AdSene itu hebat tetapi Anda tentunya juga harus memiliki sumber penghasilan yang lain juga.

0 komentar:

Random Post