MENGENAL BETHLEHEM

BETHLEHEM
pm-magazin.de
Bethlehem yang dalam bahasa ibrani berarti 'Rumah Roti', 'Rumah Daging' dalam bahasa Arab dan Yunani dan 'Bait Suci Era Lakhmu' dalam bahasa Kanaan berada di ketinggian 775 meter atau 2.543 kaki diatas permukaan laut. Di sebelah selatan pegunungan Yudea. Posisi kota ini berjarak 73 km timur laur Gaza dan laut mediterania, 75 km ke arah barat kota Amman, ibu kota Yordania, 59 km ke sebelah selatan Tel Aviv daerah Israel dan 10 km ke arah selatan kota Yerusalem. Kota-kota terkenal disekitar Bethlehem yaitu Beit Safafa, Yerusalem, Beit Jala, Husan, al-khadr, Artas dan Beit Sahour masing-masing di arah yang berbeda. Kota tua, dengan delapan tempat tinggal yang dibangun dalam tehnik mosaik merupakan bagian utama daya tarik kota. Tujuh tempat tinggal diberi nama setelah Ghassanid Arab, salah satu pendatang dikota sewaktu salah satunya diberi nama setelah agama Islam. Saat ini kota telah berpenghuni 5000 orang.

Bethlehem, kota yang pada saat ini telah menampung sekitar 5000 orang. Bethlehem sebuah kota di Palestina terletak di bagian tengah tepi barat yang berbatasan dengan bagian selatan kota Yerusalem. Dengan jumlah penduduk lebih dari 25.000 jiwa, Bethlehem adalah ibu kota pemerintahan dibawah pengawasan Palestina. Ekonomi kota ini bersumber pada faktor turisme seperti orang-orang diseluruh dunia mengunjungi kota ini untuk menikmati isi sejarah dan kebudayaannya.

Kota ini disebut-sebut kepunyaan Nabi Daud seperti dikutip dalam Alkitab yang ditulis dalam bahasa Ibrani, sementara dalam Perjanjian Baru menilai kota ini sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus, Sang pendiri kekristenan yang telah tersebar luas diseluruh penjuru dunia. Mayoritas penduduknya beragama Nasrani meskipun para imigran telah tinggal dikota ini dalam jumlah yang dapat dipertanggung jawabkan. Dalam sejarahnya kota Bethlehem pernah ditaklukkan berkali-kali. Sekitar tahun 529, orang-orang samaria menghancurkan kota ini yang kemudian dibangun kembali oleh Justinianus I, Kaisar Bizantium. Walaupun pada tahun 637 sebelum masehi kota ini diserang oleh orang-orang Arab, mereka tidak menghancurkan kota ini sebaliknya memelihara situs-situs keagamaan. Sekitar tahun 1099, para tentara salib dari bangsa Romawi menaklukan dan menjaga rohaniwan romawi menggantikan kaum ortodoks Yunani. Lagi-lagi Saladin sang kaisar Mesir dan Suriah mengambil alih kota dan mengusir para rohaniwan romawi. Di tahun 1250, saat menaklukkan kota Bethlehem kaum Mukluk menghancurkan tembok kota yang kemudian dibangun kembali pada masa kekuasaan Ottoman.



insightguides.com
Selama perang dunia pertama pasukan inggris menduduki kota yang berada diluar pengawasan Ottoman dan tercatat sebagai zona internasional dibawah rencana pembagian PBB untuk Palestina pada tahun 1947. Hanya setahun kemudian ditahun 1948, Yordania menikmati peraturan menyamgkut kota tersebut selama perang antara negara-negara arab dan Israel. Walaupun kota tersebut akhirnya dikuasai pasukan Israel setelah pertempuran selama enam hari, Bethlehem telah berada dibawah pemerintahan otoritas nasional Palestina. Mayoritas penduduk kota Bethlehem adalah beragama Islam meskipun jumlah umat Nasrani Palestina yang tinggal disana juga sebenarnya sangat banyak. Penghasilan terbesar kota didapat selama masa Natal ketika sejumlah besar umat Nasrani berkunjung ke gereja yang dianggap tempat kelahiran Yesus Kristus. Kota Bethlehem membanggakan hotel-hotel standar internasionalnya yang berjumlah lebih dari tiga puluh dan tiga ratus toko-toko yang menjual produk kerajinan tangan. Sebuah tempat suci penting Yahudi, Makam Rachel juga berada di bagian utara kota ini.

Kota Bethlehem menikmati iklim mediterania. Musim panas dikota ini begitu panas dan kering sementara saat musim dingin hawanya begitu dingin. Rata-rata curah hujan yang terjadi dikota ini sekitar 700 mm per tahun. 70% musim hujan terjadi mulai bulan Nopember sampai dengan Januari. Tingkat kelembaban dikota ini sekitar 60% setahun. Pariwisata menjadi pemasukan besar dikota ini. Para turis membeli produk-produk hasil kerajinan tangan dalam jumlah yang cukup menghasilkan uang yang banyak. Tempat yang banyak dikunjungi umat Nasrani pada saat musim Natal adalah perayaan paling terkenal yang diperingati oleh penduduk, sementara perayaan-perayaan lainnya yang berkaitan dengan rakyat Palestina yaitu pesta Saint George yang dirayakan setiap tahunnya juga dinikmati oleh para turis.



lehighvalleywithlove.com

Kota ini juga kaya akan seni dan kebudayaan yang menarik sejumlah besar pengunjung, demikian pula dengan fasilitas-fasilitas lainnya seperti pendidikan, transportasi juga tersedia dikota ini sehingga membuat banyak orang pindah kesana. Kota Bethlehem juga memiliki sekolah pemerintah dan sekolah swasta yang melayani lebih dari 84% masyarakat untuk menikmati pendidikan. Universitas Bethlehem menyediakan tingkat pendidikan yang lebih tinggi bagi masyarakat yang bercita-cita untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Terdapat tiga loket bis dan dua loket taksi yang dikelola oleh pihak swasta.                       








6 komentar:

sebener nya sih saya tidak tahu tentang ini gan, tp terima kasih gan sekarang sy sudah tau mengenai hal ini. thanks info nya

Wah kyanya bagus thu.. jadi pingin kesana Agh.. :D

Hafiz Ardi said...

Wih Kotanya keren...
semoga Kota-kota di Indonesia bisa mencohtohnya

Wah jadi tambah ngerti tentang kota betlehem. Terima kasih infonya gan.

Harazaki said...

Betul banget gan..
Sebentar lagi bulan desember dimana nama Bethlehem akan diingat dan dikenang kembali, sebagai kota lahirnya juruselamat bagi umat nasrani..
thx infonya gan...

Mas Caypul said...

hmmm, jadi begitu ya... jadi makin seneng ngunjungi blog ini karna info-infonya :D, dan maskin seneng mempelajari sejarah :D

Random Post