FAKTA ISTIMEWA TENTANG INDONESIA

Banyak alasan mengapa kita bangga menjadi warga Negara Indonesia. Sejumlah fakta istimewa ini akan semakin menambah kecintaan kita kepada tanah air


  • Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah total pulau mencapai 17.508 pulau, sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni. Di dalamnya ada 3 dari 6 pulau terbesar di dunia, yaitu : Kalimantan sebagai pulau terbesar ketiga di dunia (539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan papua (421.981 km2)
  • Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93.000 km2 dan panjang pantai sekitar 81.000 km2 atau hampir 25% dari panjang pantai di dunia.
  • Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia, yakni sekitar 740 suku bangsa. Indonesia juga memiliki bahasa daerah terbanyak, yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk.
  • Indonesia juga merupakan negara muslim terbesar di dunia dengan jumlah pemeluk agama Islam sekitar 216 juta jiwa.
  • Pada tanggal 27 Juni 2012, Candi Borobudur yang memiliki ukuran 123 x 123 meter persegi (403 x 403 kaki) dan volume bangunan sebesar 60.000 meter kubik (m3) resmi tercatat dalam Guinness World Records sebagai situs arkeologis Candi Budha terbesar di dunia.
  • Indonesia adalah tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu Pithecanthropus Erectus. Manusia purba ini ditemukan di Trinil, Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois.
  • Indonesia memiliki terumbu karang terkaya di dunia mencapai 75.000 km2, atau 17% dari jumlah terumbu karang di dunia. Selain itu negara kita juga memiliki spesies karang scleractinian terbanyak di dunia. Karang scleractinian disebut juga karang batu atau hewan laut yang mirip dengan anemone laut dengan kerangka keras. Di Indonesia sendiri terdapat 82 genera dan 590 spesies.
  • Indonesia memiliki bunga terbesar di dunia, yakni Bunga Bangkai atau Rafflesia Arnoldi. Tempat hidup aslinya ada di Propinsi Bengkulu. Berukuran diameter mencapai 90 cm dan berat sampai dengan 11 kilogram.
  • Indonesia adalah habitat untuk binatang purba yang masih hidup yaitu Komodo, kadal terbesar di dunia dengan panjangnya mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg. Komodo hanya terdapat di Pulau Komodo dan sekitarnya di propinsi Nusa Tenggara Timur.     
  • Indonesia memiliki primata terkecil di dunia, yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung. Panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya di atas pohon ini terdapat di Sulawesi.
  • Indonesia memiliki spesies ikan hiu terbanyak di dunia yaitu 150 spesies.
  • Brazil boleh saja menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia, tetapi kopi yang diakui dunia sebagai kopi terbaik karena rasanya yang enak sekaligus menjadi kopi termahal adalah kopi luwak asli Indonesia.
  • Buah Indonesia laris manis di mancanegara. Jangan pandang sebelah mata pada buah tropis Indonesia. Ada 3 buah Indonesia yang jadi primadona dan laris manis di luar negeri. Buah-buahan Indonesia tersebut adlah mangga, manggis, dan kelapa, yang sangat diminati negara-negara di Asia dan Eropa. Buah-buahan Indonesia dinilai memiliki cita rasa serta aroma yang sangat tajam menggoda. Indonesia mengekspor buah manggis ke Jepang, Korea, Taiwan, Cina, Hongkong, Malaysia, Singapura, Jerman, Arab Saudi serta Swiss. Sementara buah mangga dan buah kelapa diminati oleh Jepang, Perancis, Austria, Amerika Serikat, Hongkong.
  • Merek top dunia Gucci ternyata menggunakan kain tenun asal Indonesia sebagai bahan bakunya. Hal tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa kain tenun asal Indonesia telah diakui oleh dunia.
  • Tas Bagteria made in Indonesia telah dijajakan di berbagai etalase di mall-mall kelas atas di 32 negara di seluruh penjuru dunia. Public figure dunia yang mengenakan produk ini antara lain Paris Hilton, Zara Phillips, Emma Thompson, dan Audrey Tatou.
  • Tidak hanya tenun, batik juga mulai menjadi pilihan busana sejumlah pesohor dunia, mulai dari Reese Witherspoon, Rachel Bilson, Drew Barrymore, Paris Hilton, hingga Jessica Alba. Bahkan Nelson Mandela juga sering terlihat mengenakan batik Indonesiadi berbagai forum dunia. 

9 komentar:

Yoghis Kanzo said...

Wah Indonesia Memang Banyak Keistimewaan nya ya :D

Saya Makin Cinta dengan Indonesia !!!

Anonymous said...

BacaanBaik Keren... Mengeksplor hal baik dibanding mempublish hal buruk.. saya cinta negeri ini.. eheheh

Hidayat said...

indonesia memang memiliki bnyak keistimewaan apalagi kalu ditelusuri tentang keindahan alamnya

Haha..to all my friends here we know we all love this beautiful Indonesia so much, and we should grateful we live here.

dicky said...

indonesia is a beautiful country, we better go on holiday to some part of the islands to enjoy its beauty

farobi W.N said...

wah.. hebat juga yah INDONESIA

wah semakin menambah ilmu :D

Aran Setiadi said...

wah ternyata kehebatan Indonesia seperti tiu. belum pada tahu orang Indo kayakanya

Random Post