TIPS BLOGGING UNTUK PEMULA

socialmediaexaminer.com

Meskipun kegiatan Blogging akhir-akhir ini sedang menjadi trend, banyak orang yang masih menganggapnya sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Jika saat ini anda seorang pemula (newbee) dibidang ini, berikut adalah beberapa tips yang dapat membuat anda dengan mudah memahami proses menarik ini secara rinci.

Beberapa tahun lalu, ketika kegiatan blogging atau nge-blog mulai populer, saya salah satu dari sekian banyak orang yang mencobanya dengan cara saya sendiri. Meskipun saya membuat beberapa tulisan dan puisi, saya segera kehilangan minat untuk melanjutkannya. Salah satu alasannya karena sebenarnya tidak ada yang datang berkunjung ke blog saya. Frekuensi yang berkunjung ke blog berubah dari yang setiap hari sampai hanya sekali dalam seminggu dan kemudian perlahan-lahan tidak ada sama sekali yang berkunjung, bahkan sampai lupa  dengan user name dan password saya sendiri. Setelah beberapa lama saya mencoba lagi memulai nge-blog namun benar-benar tidak pernah berhasil.

Kemudian saya pun menyadari bahwa penyebab gagalnya usaha saya membuat sebuah blog dan menarik minat pengunjung karena disebabkan ketidaktahuan saya tentang hal-hal penting yang diperlukan untuk membuat sebuah blog itu berhasil. Oleh karena itu saya mencoba untuk membantu orang-orang yang baru dalam dunia blog, untuk mengerti tujuannya dan hal-hal penting yang harus dilakukan untuk memperoleh apa yang mereka inginkan.

Apa itu blogging?

Blog merupakan sebuah ruang pribadi pada internet, dibuat oleh satu individu untuk tujuan pribadinya sendiri atau kebutuhan profesional dan dibaca oleh orang lain. Banyak orang membuat blog untuk mengekspresikan pemikiran-pemikiran pribadi mereka, pandangan, pendapat dll tentang hal apa saja melalui puisi, cerita, artikel dll. Meskipun tujuan awal blog seperti ini namun kemudian blog juga digunakan untuk tujuan bisnis. Saat ini banyak orang memulai membuat blog hanya untuk tujuan memperoleh penghasilan.

Tips penting untuk para pemula 

  • Adanya Sebuah Tujuan 

Banyak orang gagal dalam membuat sebuah blog karena mereka tidak memiliki tujuan pasti pada saat memulainya. Oleh karena itu, sekali anda memutuskan memulai membuat blog, duduk dan putuskan mengapa anda ingin memulainya. Alasannya bisa saja hanya sekedar berbagi ide dan pemikiran untuk mempromosikan bisnis anda, menjual produk-produk tertentu dan lain sebagainya. Apapun itu alasannya, sekali anda telah memutuskan tujuannya, memutuskan apa yang anda ingin peroleh, atau dimana anda ingin melihat blog tersebut setelah beberapa bulan atau tahun. Ini penting sekali karena langkah anda selanjutnya akan bergantung pada perencanaan yang telah anda lakukan selama tahapan ini.

  • Target Pembaca Anda

Tujuan blog anda akan menentukan tipe pengunjung yang anda targetkan. Sebagai contoh jika anda merancang sebuah blog seputar dunia percintaan maka sasaran pengunjung anda adalah anak muda dan juga orang dewasa. Hal ini juga akan mempengaruhi jenis pengaturan dan disain blog anda. Jika topik blog anda seputar percintaan dan hubungan, disain blog bisa diatur mnjadi sesuatu yang warna warni dan terlihat hidup. Di sisi lain jika tujuan blog anda seputar bisnis, tampilannya haruslah terlihat profesional.

  • Konsisten

Walaupun mencoba sesuatu yang baru dan inovatif itu baik untuk blog anda, jangan mencoba sesuatu yang benar-benar merubah image-nya. Sebagai contoh, jika blog anda mengenai perjalanan, besar kemungkinan para pembaca anda adalah mereka yang menyukai aktifitas ini. Namun jika tiba-tiba anda menggunakannya untuk mempromosikan sebuah produk, ini akan menyebabkan kebingungan diantara para pembaca.

  •  Update Secara Teratur 

Jika anda ingin para pembaca mengunjungi blog anda secara teratur dan menjadi terkenal, satu hal yang paling penting adalah selalu teratur dalam meng-update blog anda. Terbitkan artikel-artikel baru dan menulislah setiap beberapa hari agar para pembaca anda tetap tahu dan lebih tertarik. Akan tetapi menerbitkan tulisan-tulisan yang tak berarti demi update teratur haruslah dihindari, karena ini akan menjauhkan blog anda dari para pembaca. Sangat penting bagi anda untuk menguasai materi tulisan sebelum anda menerbitkannya dan hindari menerbitkan artikel hanya karena anda sedang menuliskan sesuatu.

  • Pikat Para Pembaca Anda

Satu cara untuk menarik minat para pembaca agar berkunjung ke blog anda yaitu dengan mendorong mereka untuk memberikan komentar secara terperinci tentang perasaan mereka pada blog atau artikel anda. Ini tidak hanya menjadi sebuah interaksi dua arah antara anda dan para pembaca, tapi juga membuat mereka sadar jika anda menghargai partisipasi mereka. Ini sangat penting untuk memperoleh pembaca yang setia.

  • Perkenalkan Blog Anda

Hanya sekedar membuat blog, merancangnya dengan bagus, menerbitkan artikel-artikel yang berkualitas tidaklah akan membuat pembaca anda langsung tertarik. Agar orang-orang datang anda harus melakukan beberapa usaha untuk memperkenalkan dengan serius blog tersebut. Anda bisa melakukannya melalui beberapa media sosial, seperti LinkedIn, Facebook danl ain sebagainya. Cara lainnya yaitu dengan memberikan komentar pada artikel-artikel blog yang sejenis dan tautkan sesuatu jika anda ingin mengomentari hal yang sama.

  • Monetisasi Blog   

Ada beberapa pilihan bagi orang-orang yang ingin memperoleh uang melalui blog. Jika anda sedang menjalankan usaha, anda bisa menulis tentang produk-produk anda dan membuat semacam fasilitas agar pengunjung dapat membeli produk tersebut secara online. Ide lainnya yaitu memilih materi yang anda suka untuk anda tulis. Ada beberapa perusahaan yang bersedia membayar agar produk mereka ditampilkan dalam blog. Contohnya jika sebuah merk perhiasan menggunakan jasa anda, anda harus menulis tentang jenis-jenis perhiasan yang mereka jual serta membuat ulasannya. Satu cara lagi untuk menghasilkan uang adalah dengan memposting iklan pada blog anda.

Hindari membagi informasi pribadi apa pun pada blog anda, seperti tanggal lahir, nomor telepon, alamat email, gambar-gambar yang bersifat menghasut dan lain sebagainya, karena ini akan memicu beberapa masalah. Blog anda adalah cerminan kepribadian anda dan oleh karena itu dari pada membuat apa yang saat ini sedang disukai orang ada baiknya anda membuat sesuatu yang anda yakini. Harapan terbaik dari saya tentunya untuk kegiatan blogging anda. Good Luck!                                                     

    




















12 komentar:

memank sulit gan untuk jadi master seo, terima kasih gan atas saran nya.

wah pas banget ni buat ane yang masih newbie

Mas Caypul said...

memang sulit untuk menjadi master, namun tips ini sangat membantu buat jadi inspirasi tetapp semangat :)

Yeah... Bener dan tepat banget

Roy Junaidi said...

terima kasih gan, jadi sekarang ane tau apa-apa saja yang harus ane lakukan sebagai blogger

wah, saya masih newbi nih,,, thanks

nice artikelnya ,memang sulit sih untuk menjadi master dalam bloger, namun tips ini sangat membantu buat bagi saya,

Nah, bener vruh... sekarang ane lagi menjalani masa-masa konsisten dan komitmen ngeblog itu....

update teratur, punya gue update cuma hari senin sama kamis, hari lainya buat bikin arikel baru lagi yang menarik :)) hehee, kalau niat pasti kesampaian kok :))

Andre Milano said...

yang paling penting menurut saya sih update secara teratur gan :D btw nice info :)

Nice artikel gan,
saya juga blogger pemula.. yanag berusah jadi master blogger :D
yang terpenting itu buat artikel yang berkualitas dulu

wah keren nih artikel, sangat berguna buat saya yg masih newbie, terimakasih banyak gan!

Nice info gan, sangat bermanfaat bagi yang mau bergelut didunia blogging...

Random Post