DINOSAURUS PALING KECIL DI DUNIA

DINOSAURUS PALING KECIL DIDUNIA

Dinosaurus adalah sekelompok binatang yang hidup jutaan tahun yang lalu. Beberapa dinosaurus adalah dinosaurus terbesar yang pernah hidup di bumi. Tapi lainnya adalah dinosaurus seukuran ayam!! Ada dinosaurus kecil di semua jenis. Ada dinosaurus pemburu yang kecil, pemakan tumbuhan yang kecil, dan pemakan bangkai yang kecil. Beberapa dinosaurus begitu kecil hingga mereka makan serangga. Berikut adalah beberapa dinosaurus kecil yang ekstrem yang pernah hidup dibumi:
  1. Microraptor (Penerbang Bersayap Empat) 
    Penerbang bersayap empat
    Microraptor
Microraptor panjangnya sekitar 60 cm. Itu kira-kira ukurannya sebesar anjing. Dinosaurus ini kemungkinan berburu serangga, cacing dan binatang kecil lainnya.  Microraptor memiliki bulu pendek ditubuhnya dan bulu-bulu panjang disayap. Dinosaurus ini sedikit mirip dengan kalkun, bulu-bulunya membantu mereka tetap hangat, dan merka dapat meluncur sangat jauh jika melompat dari tempat yang tinggi.

     2.  Ankylosaurian (Kerdil Berlapis Baja)
Ankylosaurian

Dinosaurus jenis Ankylosaurian merupakan binatang yang berat karena sebesar tank dan ditutupi perisai tulang serupa baja, namun Minmi hanya sepanjang 3 meter, kira-kira seukuran kuda. Lempeng tulang besar berujung tajam tumbuh dari ekornya. Jika dinosaurus ini diserang oleh dinosaurus pemburu, dia akan mengayunkan ekornya ke arah mereka untuk mengusir pergi.

     3.  Compsognathus (Compy)
Compsognathus


Dinosaurus pemburu Compsognathus besarnya kira-kira seukuran kalkun kecil. Dinosaurus ini menangkap kadal, mamalia, dan serangga dengan tangannya. Setiap tangannya lebih kecil daripada ibu jari manusia. Dinosaurus ini hidup di pesisir laut tempat adanya cerukan laut yang dangkal dan pantai yang luas. Kakinya yang panjang dan otot yang kuat menandakan dia dapat bergerak cepat saat berburu makanan. Dan tahukah kamu Compsognathus disebut "Compy" dalam film Jurassic park. Sebenarnya tidak ada ilmuwan yang menggunakan istilah itu.

Timimus
    4.  Saltopus (Pemburu Mungil)
Saltopus
Dinosaurus eropa Saltopus berukuran sebesar kucing kecil. Dinosaurus ini mempunyai tulang berongga dan berat sekitar 7 kilogram. Ia berjalan dengan kaki belakangnya. Rahang kurus dan panjang berisi lusinan gigi tajam yang kecil. Timimus adalah dinosaurus serupa Saltopus yang hidup di Australia. Tulang kaki Timimus termasuk tulang terkurus di antara tulang dinosaurus lainnya.

    5.  Lesothosaurus (Di Daratan)

Atlascopcosaurus
Lesothosaurus
Lesothosaurus adalah dinosaurus pemakan tanaman yang hidup di daratan kering dan panas di Afrika Selatan. Panjangnya kurang dari 1 meter. Itu berarti seukuran seekor anjing. Ia memiliki kaki yang panjang sehingga dapat berlari cepat untuk menghindari bahaya. Ketika berdiri tegak dinosaurus ini tetap tidak akan bisa mencapai lutut manusia. Tahukah kamu bahwa Atlascopcosaurus adalah dinosaurus serupa yang hidup di Australia. Tempat fosil Atlascopcosaurus ditemukan kemudian dinamakan "Teluk Dinosaurus".

   6.   Micropachycephalosaurus (Si Kecil Kepala Hutang)
Micropachycephalosaurus
Dinosaurus dengan nama terpanjang adalah Micropachycephalosaurus, tapi ternyata ia merupakan salah satu dinosaurus terkecil. Panjangnya sekitar setengah meter. Dinosaurus ini memiliki tulang tebal menonjol di atas kepalanya. Tulang ini mungkin digunakan untuk menyeruduk lawan dalam pertarungan.
Scutellosaurus

Scutellosaurus mempunyai lempeng tulang di sepanjang punggungnya dan diatas kepalanya. Kedua jenis dinosaurus ini adalah pemakan tanaman yang dapat berjalan dengan kaki belakang atau di atas keempat kaki mereka.

   7.  Sinosauropteryx (Pemburu Warna-warni)
Sinosauropteryx
Dinosaurus Asia Sinosauropteryx panjangnya sekitar 1 meter. Sebagian besar panjang tubuhnya merupakan ekor kurus yang panjang. Ekor ini tertutup bulu kecil yang membantunya tetap hangat. Fosil bulu dinosaurus menunjukkan bahwa Sinosauropteryx mempunyai garis hitam di tubuh dan ekornya. Punggung dinosaurus ini mungkin berwarna kekuningan atau kemerahan.

   8.   Bambiraptor
Bambiraptor
Dinosaurus pemburu Bambiraptor tingginya kira-kira 30 cm. Meskipun ditarik, dinosaurus ini tidak akan mungkin lebih tinggi daripada lututmu! Kaki depannya berujung tiga cakar kuat yang digunakan untuk menangkap mangsa. Bambiraptor termasuk kelompok raptor yang mempunyai otak lebih besar daripada dinosaurus lainnya, sehingga kemungkinania lebih pintar daripada dinosaurus lain. Tahukan kamu bahwa Bambiraptor diambil dari nama Bambi. Bambi adalah bayi rusa yang ada dalam film yang dibuat tahun 1942.


   9.   Ceratopsian (Wajah Bertameng)
Protoceratops
Ceratopsian

Graciliceratops




Dinosaurus Ceratopsian terkenal karena mempunyai tanduk panjang di kepala dan tameng tulang di leher mereka. Otot kuat yang menyambung ke tameng tersebut menggerakan rahang. Tapi, Ceratopsian terkecil justru tidak mempunyai tanduk sama sekali. Graciliceratops panjangnya sekitar satu meter dan berjalan dengan kaki belakangnya. Protoceratops seukuran kuda poni. Ia berjalan dengan empat kaki dan mempunyai tameng leher.

 10.   Gigi Khusus
Archaeoceratops
Incisivosaurus

Beberapa dinosaurus kecil mempunyai gigi khusus untuk makan makanan tertentu. Incisivosaurus panjangnya hanya 1 meter, kira-kira seukuran anjing labrador. Ia memiliki gigi panjang di bagian depan mulut yang mungkin digunakan untuk meraih biji-bijian pada buah pinus atau mendapatkan biji dan kacang-kacangan lainnya. Archaeoceratops mempunyai paruh kecil. Paruh ini mungkin digunakan untuk menggigit daun palem atau pakis.

 11.   Protarchaeopteryx (Melompat Demi Serangga)
Protarchaeopteryx
Protarchaeopteryx panjangnya hampir mencapai 2 meter. Tubuhnya kira-kira seukuran angsa besar. Dinosaurus ini mempunyai bulu panjang di lengan dan ekor. Beberapa ilmuwan berpendapat dinosaurus ini mampu melompat di udara untuk menangkap serangga terbang. Bulu-bulunya mungkin membantunya tetap berada di udara. Ilmuwan lainnya berpendapat dinosaurus ini berlari untuk mencari makanan di permukaan tanah. bulu-bulunya mungkin digunakan untuk dipamerkan ke dinosaurus lain.












 

3 komentar:

Ikhwan Aziz said...

Nice info Gan....
jadi tambah pengetahuan nih tentang hewan pra-sejarah...
lanjutkan...!!

Donna Parfum said...

Reading this article remind me of jurassic park and i'm waiting for the new one

dicky said...

artikenya bagus buat bacaan anak2 kita buat pengetahuan mereka..

Random Post