MENGENAL OPERASI SELAPUT DARA

MENGENAL OPERASI


Banyak hal yang bisa membuat wanita tampil percaya diri secara fisik. Namun juga tak jarang, ada wanita yang kurang pede dengan bagian fisiknya yang tak terlihat secara langsung. Salah satunya adalah masalah organ intim. 

Bagian ini merupakan organ paling penting bagi wanita untuk menunjang rasa percaya diri dalam berhubungan dengan pasangan. Terlebih, budaya masyarakat kita yaitu budaya ketimuran, organ intim seringkali menjadi tolak ukur kepribadian seorang wanita. Wanita yang masih perawan ketika menikah dianggap mampu mempertahankan kesucian, martabat dan harga dirinya.

Namun demikian, ada sejumlah hal yang bisa menyebabkan hilangnya keperawanan. Kecuali karena hubungan intim, juga bisa terjadi lantaran kecelakaan saat olahraga, jatuh dari sepeda dan sebagainya.

"Mengatasi masalah tadi, kini gampang sekali dilakukan," ujar Dr. Prima Progestian SpOG dari Brawijaya Women and Children Hospital di Jakarta Selatan. "Kemajuan teknologi kedokteran terus berkembang dengan pesat. Memulihkan keperawanan bisa dilakukan lewat ginekologi estetika."

MENYAMBUNG SELAPUT DARA

Menurut Dr. Prima, "Ginekologi estetika sendiri adalah salah satu cabang ilmu kedokteran kandungan. Awalnya bertujuan merekonstruksi adanya kelainan-kelainan anatomi yang ada pada bagian genetalia external. Rekonstruksi ini sendiri umumnya memiliki tujuan memperbaiki variasi anatomi dan gangguan fungsi yang timbul sehingga fungsinya kembali normal dan lebih baik, perbaikan secara kosmetik organ genetalia dengan tujuan estetika (untuk membuat bentuknya lebih bagus) dan untuk meningkatkan seksualitas wanita," jelasnya.

Ada beberapa tindakan rekonstruksi dalam ginekologi estetika dengan tujuan yang berbeda-beda. "Salah satunya adalah hymenoplasty," terangnya lagi, "Hymenoplasty ini adalah tindakan untuk menyambung kembali selaput dara yang sudah rusak."

Tahap operasi Hymenoplasty biasanya dimulai dengan pemeriksaan darah dan meninjau tujuan operasi itu sendiri. Setelah dilakukan konsultasi, tindakan operasi bisa langsung dilakukan. Selaput dara akan dipotong lalu disambung kembali. "Ini merupakan operasi khusus sehingga tidak semua dokter bisa mengerjakannya. Sebab hal ini tidak dipelajari dalam ilmu kedokteran di bangku kuliah di Indonesia," tutur dokter yang pernah mempelajari tentang ginekologi estetika lewat buku serta melakukan magang pada ahlinya.

Menjelang operasi, "Pasien tidak perlu melakukan puasa, karena ini termasuk operasi secara lokal. Pasien bisa datang, konsultasi, kemudian melakukan pemeriksaan darah. Setelah semuanya oke, bisa langsung operasi. Operasinya memakan waktu sekitar 30 sampai 60 menit. Tergantung tingkat kesulitan dalam operasi."

Tingkat kesulitan dalam operasi sendiri tergantung robekan dari selaput dara tersebut. Jika robekannya parah, maka waktu yang dibutuhkan untuk operasi juga lebih lama. Namun demikian, Dr. Prima menegaskan "Setelah dioperasi apakah pada hubungan intim pertama kali akan berdarah, nah ini kami tidak bisa memberi garansi. Sebab kondisi selaput dara dari setiap orang itu berbeda-beda. Sejumlah wanita bahkan tidak berdarah saat hubungan intim pertama kali, padahal dia masih perawan."

Menurut para ahli, hal ini bisa terjadi di antaranya karena tingkat keelastisan selaput dara antara wanita yang satu dengan wanita yang lain memang berbeda. Atau jumlah darah sangat sedikit sehingga sulit diketahui dan sebagainya.

Masa recovery pasca operasi selaput darah adalah sekitar 6 minggu. Selama masa pemulihan ini tidak ada treatment khusus. Yang harus dilakukan pasien adalah menjaga kebersihan organ intim agar tidak timbul jamur dan terjadi infeksi yang bisa menghambat proses penyembuhan luka pasca operasi. Salah satunya dengan membersihkan organ intim secara benar dan menjaga agar organ intim tidak dalam keadaan lembap agar tidak muncul jamur dan keputihan, atau infeksi lain.

Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan operasi selaput dara ini? "Sejak setahun lalu memang Brawijaya Women and Children Hospital telah memberikan pelayanan ginekologi estetika. Masalah biaya dalam setiap tindakan, memang tergantung dari pembiusannya. Bius lokal dan bius regional jelas lebih murah, yaitu sekitar 10 hingga 20 juta rupiah. Namun, ada beberapa pasien yang ingin bius total, maka bisa lebih dari itu," tambah dokter murah senyum ini mengakhiri pembicaraan.       































6 komentar:

admin kumat said...

ternyata virginitas bs dibenerin lagi ya... kemajuan dunia kedokteran...

Thx infonya mas...

iendt11 said...

baru tahu :o nambah ilmu lagi nihh , sukses terus buat blog nya mas :)

iendt11 said...
This comment has been removed by the author.
Insatunesia said...

Widih gila -_-
berani ya operasi gitu ...

Insatunesia said...

Kemajuan dunia dokter juga semakin canggih sekarang :)

Random Post