BEBERAPA KESALAHAN PARA BLOGGER PEMULA

allthingslearning.com

Jika anda saat ini sedang mempertimbangkan untuk memulai membuat sebuah blog, atau anda seorang pemula dalam dunia blog, silahkan membaca yang satu ini. Ada beberapa kesalahan umum tertentu yang dilakukan oleh para blogger baru yang jika tidak diantisipasi akan membuat semua usaha mereka menjadi tanpa hasil serta hanya membuang-buang waktu. Dalam artikel ini saya akan memberitahu anda kesalahan-kesalahan ini dan cara menghindarinya.

Blogging merupakan sebuah cara yang baik untuk menjangkau dunia. Ada terdapat sejumlah alasan mengapa orang-orang membuat blog. Untuk beberapa orang kegiatan blogging bisa menjadi sekedar hobi, sementara bagi yang lainnya itu bisa menjadi sebuah cara untuk meningkatkan pengenalan orang awam akan produk-produk mereka, layanan jasa atau juga memperoleh uang secara online. Apapun itu alasan-alasannya, tujuan utamanya adalah mendapatkan jumlah pembaca blog.

Saat ini semakin banyak orang melakukan kegiatan blogging dengan berbagai macam alasan. Dalam melakukan usaha baru apaun itu, menulis blog juga memiliki suatu kurva pembelajaran; anda membuat kesalahan, lalu belajar dari kesalahan itu dan berlanjut terus. Namun beberapa kesalahan harus dibayar mahal dan bahkan dapat membahayakan masa depan sebuah blog.

Dalam artikel yang bermanfaat ini, saya telah menyusun beberapa kesalahan-kesalahan yang paling umum yang dilakukan oleh para blogger baru ini.

MISKIN DAN DANGKALNYA KONTEN PADA BLOG

Konten atau isi materi pada blog adalah segala-galanya. Sangatlah penting bahwa apapun yang anda tulis dan bagikan pada blog anda adalah benar, informatif dan kualitasnya bagus. Para pembaca di internet tidak ada waktu untuk membaca ocehan-ocehan yang tak ada artinya dari seorang blogger. Hanya konten yang bagus, unik dan menariklah yang dapat menarik perhatian para pembaca di internet dan merubah mereka menjadi pengikut setia anda. Konten yang miskin dan dangkal dapat mematikan blog anda, jadi hindarilah dengan cara apapun.

MELAKUKAN COPY-PASTE

Penjiplakan adalah sebuah kejahatan, dan jika anda menikmati kegiatan menyalin artikel-artikel dari blog lain dan menempelkannya pada blog anda, cepat atau lambat mesin-mesin pencari akan menghukum berat anda. Tidaklah cukup untuk menekankan pentingnya keaslian dan keunikan konten. Melakukan copy paste dari blog-blog lain dapat juga menuju pada penghapusan permanen atau juga larangan pada blog anda. Anda juga akan kehilangan kredibilitas sebagai seorang penulis jika para pembaca menemukan materi jiplakan dari blog anda.

TIDAK MENGIRIM BLOG PADA MESIN-MESIN PENCARI

Anda telah menulis konten yang bagus, unik dan asli, namun data statistik anda tidak menunjukkan tanda-tanda peningkatan. Apa yang menjadi penyebabnya? sebagian besar lalu lintas yang datang ke suatu blog berasal dari mesin-mesin pencari, dan agar mesin-mesin pencari ini dapat memberikan traffic maka anda harus mengijinkan mereka mengetahui tentang keberadaan blog anda. Mesin-mesin pencari mengindeks konten dari setiap situs agar dapat ditampilkan pada hasil pencarian. Jadi hal ini sangat penting untuk mengirimkan blog anda pada mesin pencari. Jika gagal melakukannya berarti anda kehilangan sepotong besar traffic.

TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Cara hebat untuk memperoleh traffic dan menambah para pembaca adalah dengan menggunakan berbagai sarana media sosial. Sangat baik jika anda menulis materi yang bagus, tapi anda juga perlu mempromosikan perangkat anda jika ingin menjangkau pengunjung yang lebih luas lagi. Mengabaikan media sosial merupakan kesalahan besar.

TIDAK MEMPELAJARI SEO

Seiring dengan anda menulis materi yang tentunya berkualitas bagus, sangatlah penting bagi blog anda untuk ramah terhadap mesin pencari. Disitulah SEO akan terjadi. Jika ingin orang-orang dapat menemukan blog anda, maka semakin mengerti anda akan SEO, semakin baik pula blog anda. Tetap selalu diingat bahwa dilapangan SEO terus menerus berubah. Anda seharusnya meluangkan waktu untuk mengerti penerapan terbaik SEO yang terbaru.

SALAH PLATFORM DAN DOMAIN 

Sangatlah penting untuk memilih platform yang tepat bagi blog anda. Jika kegiatan blogging yang anda lakukan hanya sekedar sebuah hobi, situs-situs blog gratis mungkin tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika bertujuan menjadi blog yang besar, anda harus mempertimbangkan sebuah alamat blog yang spesifik dan web host khusus. Hal itu akan menunjukkan bahwa anda serius dengan blog, dan akan membuat blog anda diperhatikan oleh merk-merk besar yang ingin menjadi sponsor blog di kemudian hari.

MENGABAIKAN PENGATURAN DAN TATA LETAK 

Sangatlah penting untuk mengatur konten blog anda agar kualitas tulisan semakin meningkat. Menyediakan sepotong besar data tanpa adanya pengaturan apapun akan menyebabkan blog tersebut ditinggalkan para pembaca dan beralih ke blog lain. penggunaan judul, bullet point dan gambar-gambar yang relevan akan terus menjaga perhatian pembaca anda.

PERMALINK TIDAK MAKSIMAL

Mungkin terdengar sedikit teknis, tapi sangatlah penting untuk mengoptimalkan permalink blog anda. Biasanya permalink dipasang untuk setiap nama domain, contohnya: www.namablogmu.com/?123. Tapi cara ini tidak ramah pada SEO. Sangat penting untuk memasang permalink pada setiap judul halaman atau postingan anda seperti www.namablogmu.com/namahalaman atau www.namablogmu.com/judulpostingan.

TIDAK TERJALINNYA HUBUNGAN DENGAN PARA PEMBACA DAN TEMAN BLOGGER ANDA

Menjadi sesuatu yang sangat penting untuk berhubungan dengan para pengunjung blog anda melalui kotak komentar. Jika ada pertanyaan dari seorang pengunjung atau pembaca, pastikan anda segera menjawabnya. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan para pengunjung sehingga mereka akan tetap mengunjungi blog anda. Hal yang tak kalah pentingnya adalah berhubungan dengan sesama para blogger, meninggalkan komentar yang menyulut komentar-komentar lainnya pada artikel-artikel yang anda suka. Anda bisa juga mengundang para blogger berpengalaman sebagai tamu pada postingan anda dan sebaliknya. Ini akan membantu blog anda ter-ekspose lebih luas ke para pembaca.

MENIRU BLOG FAVORIT 

Mungkin kesalahan terbesar yang dilakukan para blogger pemula adalah meniru atau mencontoh blogger kesukaannya. Tapi itu tidak akan berhasil dalam waktu jangka panjang. Seseorang tidak bisa menjadi orang lain. Setiap orang memiliki gayanya masing-masing dan harus berusaha untuk menemukan gayanya sendiri bukannya meniru yang lain.

CEPAT MENYERAH

Banyak orang merasa frustasi dengan permulaan yang lambat pada blog mereka dan bukannya mencoba lebih keras lagi, mereka malah menyerah. Orang-orang tersebut harus menyadari bahwa para pengunjung tidak akan datang berbondong-bondong mengunjungi sebuah blog dalam sehari. Ini benar-benar membutuhkan waktu dan usaha untuk menarik dan mempertahankan  para pengunjung. Dan pada saat usaha anda mulai kelihatan hasilnya, semuanya menjadi tidak sia-sia. Jika anda menikmati kegiatan blogging, maka tetap terus jalani itu.

Blogging dapat membuat anda kaya akan pengalaman dan penghargaan dari orang-orang. Akan membuka sebuah dunia baru untuk anda. Jika anda peduli untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan umum seperti ini, anda sudah mendapatkan awal yang baik untuk blog anda. Semoga berhasil..








  





 


     

       








  

6 komentar:

ehehehhe keren bro,, ane mah dlu cop paste + seonya :v tpi sekarang ane dh lumayan lah :v jarang copy paste :D ane jarang niru'' blog kesukaan bro :v

Yupz bener bgt yang nte tulis gan, kalau hal2 ini gak di lakukan kedepanya susah menentukan arah dan ga berkembang

wah ternyata menjadi blog pemula banyak yang perlu diperhatikan :')

Nur Sahidin said...

Ane gak copy paste :D

makasih infonya sangat bermanfaat

saya sering copas
tp copas code widget haha

Random Post