MINUMAN PENDUKUNG PROGRAM DIET


Ternyata tidak cuma makanan yang bisa menyumbang angka tinggi pada timbangan berat badan, tetapi juga minuman. Lantas, minuman apa yang bisa mempengaruhi bobot badanmu, dan apa yang tidak?

MINUMAN YANG MEMBANTU DIET

Air putih
Mengganti minuman ringan berkarbonasi dengan air putih akan memangkas ratusan kalori per hari. Keuntungannya tidak sebatas itu saja. Meminum 2 gelas air putih sebelum makan besar bisa membuat perut merasa kenyang lebih cepat, sehingga tak perlu makan sebanyak biasanya. Sebagai tambahannya, riset terbaru menunjukkan bahwa meminum banyak air bisa berpengaruh positif bagi metabolisme tubuh.

Kopi hitam
Ketika butuh dorongan kafein, kopi adalah pilihan yang lebih baik ketimbang soda atau minuman berenergi lainnya. Kopi hitam adalah minuman yang bebas kalori dan kaya akan antioksidan. Studi lain mengatakan, mengkonsumsi kopi dalam jumlah cukup (sekitar 3-4 cangkir per hari) bisa membantu mood dan konsentrasi, sekaligus menurunkan resiko diabetes tipe 2, serta beberapa tipe kanker.

Teh hijau
Teh hijau adlah pilihan terbaik ketika mencari untuk sedikit kafein. Tak hanya bebas kalori, beberapa peneliti bahkan mengatakan bahwa ekstrak teh hijau dapat menstimulasi pengurangan berat tubuh melalui aksi phytochemical-nya. Ini merupakan zat yang ada di tumbuhan yang bisa membantu tubuh membakar kalori dan meluruhkan lemak secara sementara. Keuntungan ini hanya berlangsung beberapa jam, jadi akan sangat membantu jika kita bisa meminum teh hijau dua kali per hari.

Jus sayuran
Jus sayuran memiliki nutrisi yang sama dengan jus buah, tapi dengan jumlah kalori yang hanya setengahnya. Jus sayuran dengan bulir-bulirnya kaya akan serat, serta mampu menahan rasa lapar. 

YANG HARUS DIPERHATIKAN 

Jus buah
Jus buah memiliki kalori yang sama dengan soda, namun jus buah memiliki lebih banyak isi, tak hanya nutrien. Hal ini menimbulkan dilema. Kita butuh vitamin dan antioksidan tanpa tambahan gula. Untuk amannya, disarankan untuk mengkonsumsi jus yang terbuat dari 100 persen buah. Hindari yang sudah ditambahkan pemanis. Lihat label di kotaknya untuk mengetahui persentasi jus asli. Anda juga bisa mengurangi kalori dengan mencampur jus dan air.

Smoothies
Anda senang memesan smoothies di restoran? coba buat sendiri, campurkan pisang, strawberry, dan blueberry untuk membuat smoothie. Campuran tersebut terdiri atas vitamin dan mineral yang cukup kuat untuk membantu tubuh melawan penyakit. Smoothie buatan sendiri cukup baik untuk tubuh karena anda bisa mengontrol isinya. Susu rendah lemak dan buah segar adalah yang dibutuhkan. Smoothie yang dipesan dari restoran sudah mengandung es krim, madu, atau pemanis lainnya untuk membuat kalori yang terkandung di dalamnya kian tinggi.

Susu rendah lemak
Mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium baik untuk tubuh, namun kalsium tidak akan membantu mengurangi berat tubuh, seperti yang ditemukan oleh para peneliti. Beberapa studi sebelumnya mengatakan, kalsium justru dapat menunda tubuh untuk membakar lemak, namun hanya sedikit bukti yang mendukung klaim ini. Kekurangan kalsium dalam tubuh justru bisa memicu kenaikan produksi sel lemak. Untuk mendapatkan manfaat kalsium tanpa mengkonsumsi lemak ekstra, pilihlah susu rendah lemak, yoghurt, dan keju.

MINUMAN YANG MERUSAK DIET

Minuman berenergi
Minuman berenergi untuk olahraga adalah bom kalori, seperti soda. Minuman berenergi memang memiliki nutrisi tambahan, namun kita pun masih bisa mendapatkan vitamin dan mineral yang sama dalam makanan berkalori rendah. Orang-orang yang serius mengurangi berat bedan seharusnya tetap mempertahankan hidrasi tubuhnya dengan air ketimbang minuman khusus olahraga.

Soda
Setiap kali menenggak sebotol soda, kita mengkonsumsi ratusan kalori kosong. Menurut Center for Science in the Public Interest, Amerika Serikat, minuman ringan berkarbonasi adalah sumber kalori terbesar dalam menu makanan masyarakatAmerika. Untuk sebagian orang, berpindah ke minuman soda rendah kalori (diet soda) adalah cara lain, namun tak terbukti apakah perpindahan tersebut bisa mengurangi berat tubuh. Bagi beberapa orang, diet soda bisa meningkatkan keinginan untuk tetap mengkonsumsi makanan manis.    
 





      







 

      

5 komentar:

Yg paling penting buah2an !
terimkasih gan telah berbagi infonya, slam skses

paul said...

sy paling suka ngopi, tp denger2 terlalu banyak juga gak baik ya?

Wah Mantep Tricknya, Mau coba praktek dulu gan :D

Donna Parfum said...

Perlu dicoba nih.

Donna Parfum said...

Perlu dicoba nih.

Random Post