SEPULUH HAL MENGAGUMKAN DARI KOTA YERUSALEM

Kota Yerusalem terdiri dari 3 bagian utama yaitu Kota Tua, Yerusalem Barat dan Yerusalem Timur. Dikelilingi oleh dinding batu kuno yang sangat besar, Kota Tua memiliki situs-situs penting yang bisa kita lihat di kota Yerusalem. Sekali saja anda melewati satu dari tujuh gerbang, anda akan melihat beberapa tujuan terbesar dari tradisi kaum yahudi. Di luar Kota Tua, Yerusalem Barat adalah sebuah kota modern, kota yang sibuk dengan kehidupannya. Yerusalem Timur adalah sebuah wilayah yang didominasi oleh suku arab. Meskipun tak semodern Yerusalem Barat, ini merupakan wilayah yang menarik yang dipenuhi dengan pasar-pasar lama dunia arab. Jika anda berencana untuk berpergian ke kota Yerusalem, berikut beberapa ide tentang apa saja yang dilakukan dan kemana saja anda harus pergi.

1. TEMBOK RATAPAN 
destination360.com

Dikenal juga sebagai Kotel atau Tembok Barat, Tembok Ratapan yang berada ditengah Kota Tua sudah ada sejak abad pertama sebelum masehi. Kaum Yahudi datang untuk berziarah ketempat ini dengan menulis harapan-harapan mereka di selembar kertas, menyelipkannya pada retakan ditembok dan berharap Tuhan akan memperhatikannya. Pemandangan dari ratusan peziarah ditembok ratapan ini terlihat hanya satu gerakan.

2. BUKIT BAIT ALLAH
cctustin.org

Bukit Bait Allah, di Kota Tua, salah satu situs paling suci baik bagi kaum Yahudi maupun umat Muslim. Sementara umat Muslim percaya bahwa Bukit Bait Allah adalah tempat dimana Nabi Muhammad meninggalkan dunia menuju surga, kaum Yahudi juga percaya bahwa lokasi di Bukit Bait Allah tersebut adalah tempat asal debu yang Tuhan ambil untuk menciptakan Adam.

3. GEREJA MAKAM SUCI 
christusrex.org

Di dalam kepercayaan Nasrani gereja ini dipercaya berdiri tepat diatas tempat peristirahatan terakhir Yesus Kristus. Ini merupakan salah satu tempat paling suci pada kepercayaan mereka. Gereja Makam Suci berdiri tahun 326 setelah kelahiran Yesus Kristus.

4. KOTA DAUD
karaitejudaism.org

Kota Daud didirikan sekitar tiga ribu tahun yang lalu oleh Raja Daud. Tempat ini masih digunakan sebagai pemukiman di Kota Tua. Kota Daud sendiri adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Yerusalem.

5. MENARA MUSEUM DAUD
jerusalemite.net

Menara Museum Daud merupakan suatu bagian abad pertengahan Museum Daud. Nama tersebut merupakan istilah yang tidak cocok, tidak ada hubungannya dengan Raja daud. Tujuan sebenarnya dari menara tersebut adalah untuk melindungi kota Yerusalem. Sekarang ini merupakan museum yang sangat indah yang menyimpan sejarah riwayat kota Yerusalem.

6. TAMAN MAKAM
angelfire.com

Para ahli agama tidak sepenuhnya setuju terhadap tempat dimana Yesus Kristus tepatnya dibaringkan untuk diistirahatkan. Banyak yang percaya jika tempatnya bukan berada dibawah Gereja Makam Suci, bahwa itu sebenarnya berada di Taman Makam diluar pintu gerbang kota Damaskus di Kota Tua. Apapun yang anda percayai, Taman Makam adalah sebuah tempat yang indah untuk dikunjungi. tanamannya yang subur dan reruntuhan yang diyakini berisi makam Yusuf dari Arimatea.

7. BUKIT ZAITUN
bibleplaces.com

Bukit Zaitun, sebuah pegunung dengan ketinggian tiga ribu kaki diluar Kota Tua, mendapatkan nama tersebut dari pohon-pohon zaitun yang pernah menutupi daerah itu berabad-abad lalu. Di dalam tradisi kaum Yahudi, gunung tersebut selalu menjadi tempat dimana orang-orang beriman tokoh besar Alkitab seperti Absalom dan Zakharia dikuburkan. Kubah Kenaikan Kristus digunung itu berisi sebuah artefak istimewa, jejak kaki terakhir Yesus dibumi sebelum naik ke surga.

8. LAUT MATI
jttours.com

Lokasi laut mati berada di perbatasan Israel-Yordania yang jauh perjalanannya memakan waktu satu hari dari kota Yerusalem. Setiap air dimana pun itu pastinya mengandung tingkat keasinan tertentu, namun laut mati benar-benar tidak memiliki kehidupan laut. Dengan kadar garamnya yang sangat tinggi membuat tingkat kemampuan mengapung air laut ini lebih besar dibandingkan air laut biasa. Para pengunjung dapat bersenang-senang mengapung dengan mudah dipermukaan air.

9. YAD VASHEM
britannica.com

Beberapa mil diluar Kota Tua, di lingkungan Yad Vashem di Yerusalem Barat memiliki salah satu museum dan tanda peringatan tentang sejarah pembasmian masal terbesar yang pernah ada. Anda seharusnya hanya pergi kesana jika secara emosional siap karena anda pasti akan membayangkan kejadian menyakitkan tersebut.

10. MAHANE YEHUDA
inisrael.com

Menjadi salah satu pasar yang paling terkenal di Yerusalem Barat, Mahane Yehuda telah menjadi pusat aktifitas sepanjang hari. Dengan adanya pasar-pasar dipinggir jalan yang menjual pakaian, perabotan, cenderamata, rempah-rempah dan ratusan barang-barang lainnya, energi yang keluar dari kegiatan dipasar begitu menyegarkan. Jika anda sedang ingin mengenal kehidupan hebat di Yerusalem yang modern, anda harus mulai dari pasar ini.

Yerusalem adalah sebuah kota yang indah untuk dijelajahi kapan pun itu. Jika anda pikir kehidupan malam di Yerusalem itu membosankan, pikirkan lagi. Kota ini membanggakan beberapa klub malam dan bar terbaiknya dinegara tersebut. Apakah anda pernah ke Yerusalem?




          


   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6 komentar:

wah nice info gan

Wah Nice Info nya gan..
ijin boorkmark blog nya juga

eNzi Navitu said...

Ya, amazing. Kota dengan penuh sejarah dan fenomena... Nice Info :)

Kawai BT said...

ok gan mantap infonya thanks ya

keren keren (y)

Wah jadi pingin berkunjung kesana.. :D

Random Post