OPTIMALISASI BLOG II

ereleases.com

Memilih Nama Blog yang Bagus

Seperti memilih nama untuk seorang bayi, mencari nama blog itu menyenangkan, tapi sedikit susah. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan efeknya, seperti bagaimana nama panggilannya; siapa lagi yang punya nama seperti itu; jika orang mendengar nama itu, apa yang akan mereka pikirkan; apakah namanya gampang untuk diucapkan; atau, menggunakan nama orang terkenal. Apa yang akhirnya kita putuskan menjadi nama si bayi adalah sebuah keputusan yang akan mempengaruhinya seumur hidup. Begitu juga dengan nama untuk blog Anda. Mungkin beberapa orang akan menolak teori ini. Akan tetapi, jujur saja, sedikit banyak itu bakal mempengaruhi kelangsungan blog Anda ke depannya.

Mengapa Harus Punya Nama yang Unik?

Biasanya, nama sendiri dan unik akan menimbulkan kesan yang lebih profesional. Kalau sebuah nama mudah diingat, bukan tidak mungkin pengunjung akan datang dan datang kembali mengunjungi blog Anda. Bahkan, bisa berdampak positif pada rangking di search engine.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Nama Blog


Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan nama blog:

1. Tujuan
Apa tujuan Anda nge-blog? Biasanya, yang bertujuan profesional juga sudah terlihat dari nama blog-nya. Mereka tentunya tidak akan memilih nama blog dengan sembarangan. Mereka akan memikirkannya dengan cukup teliti. Tidak heran apabila terkadang ketika menemukan sebuah nama blog, ada makna khusus yang terkandung di baliknya. Berbeda dengan blog yang dibuat sekedar untuk iseng. Nama blog-nya pun akan terlihat biasa, dalam arti hanya menggunakan kata-kata yang singkat, dan memang tidak memiliki makna khusus.

2. Topik blog
Ini sudah pasti. Biasanya, topik dari blog itu sudah kelihatan ketika orang membaca namanya. Ketika nama sebuah blog tampak seperti nama orang, biasanya topik blog tersebut adalah tentang orang tersebut. Dengan kata lain, blog itu adalah sebuah blog pribadi atau jurnal pribadi. Begitu juga jika topik blog itu adalah bidang kesehatan, namanya biasanya bernuansa medis. Namun akhir-akhir ini banyak orang yang keluar dari kebiasaan ini. Mereka membuat judul blog sesuai mood mereka dan jauh sekali dari isi blog tersebut dan terkadang topiknya pun campur-campur.

3. Harapan jangka panjang
Apa yang Anda inginkan dalam jangka panjang? Apakah ingin membangun citra anda sendiri, sekedar hobi, ataukah ingin mendapatkan banyak iklan?  

4. Berapa orang yang mengelola blog itu
Kalau pengelolanya banyak, tentunya pemilihan nama blog harus disepakati bersama. Hal itu berbeda dengan blog yang hanya dimiliki satu orang saja.

5. Isinya serius atau lucu-lucuan
Hal ini juga akan mempengaruhi pemilihan judul blog yang kita ambil. kalau isinya lucu-lucuan, namanya juga bakal lucu-lucuan. Sebaliknya, blog yang serius akan memiliki nama yang biasanya serius juga.

6. Panjang nama
Jangan sampai membuat nama yang terlalu panjang sehingga sulit untuk diingat oleh pembaca. pilihlah yang singkat dan gampang diingat. Kadang, orang juga malas menuliskan alamat web yang terlalu panjang. Akibatnya, terutama bagi Anda yang memang mengharapkan pengunjung, bukannya banyak yang datang, malah mereka membatalkan niat untuk itu. Saya pernah membaca sebuah alamat website terpanjang di dunia, tapi jujur saja, saya malah tidak tertarik untuk membukanya sebab namanya terlalu panjang dan hanya bisa dituliskan dengan membawa catatan.

Menulis Konten yang Bagus

Pembaca blog jarang menghabiskan waktu mereka untuk membaca tulisan kita secara utuh. mereka hanya memperhatikan sekilas dan jika tidak menarik menurut mereka, langsung ditinggalkan. Ada beberapa tips dari blogger senior yang mungkin bisa membantu Anda dalam membuat tulisan yang bagus.

1. Buatlah daftar tulisan
Maksudnya, sistem pelabelan atau kategorisasi pada blogger.com dan wordpress.com. Setiap label akan mewakili tulisan-tulisan dari jenis yang sama sehingga jika pembaca tertarik, mereka bisa mengeklik label tersebut dan keluarlah tulisan-tulisan yang sejenis. Nah, buatlah daftar ini dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan memang bisa mewakili tulisan-tulisan Anda.

2. Jenis tulisan
Di dunia internet, tulisan yang menggunakan bold (tulisan tebal), italic (tulisan miring), atau underline (garis bawah) akan membantu mesin pencari dalam menelusuri situs Anda. Hal itu turut meningkatkan popularitas blog tersebut di search engine. Di samping itu, penggunaan efek khusus pada tulisan ini bisa memberikan penekanan pada pembaca tentang apa yang sebenarnya ingin Anda sampaikan. 

3. Gambar
Penggunaan gambar turut menarik perhatian pembaca. Namun, mungkin perlu juga diperhatikan untuk tidak menggunakan gambar secara berlebihan karena akan memperlambat waktu loadpage. Efeknya, web akan lebih lambat muncul ketika diklik; awalnya ingin untung, malah jadi buntung.

4. Jeda
Sediakanlah sedikit jeda pada tulisan; mungkin antar paragraf. Tujuannya agar para pembaca tidak merasa terlalu dijejali ketika membaca tulisan yang bertumpuk-tumpuk. Dengan adanya jeda, mereka akan memiliki kesempatan untuk menarik nafas terlebih dahulu untuk kemudian melanjutkan membaca tulisan kita sampai selesai.  

5. Paragraf pendek
Jangan terlalu memaksakan tulisan muncul dalam satu paket utuh. Bagilah ke dalam paragraf-paragraf kecil sehingga mungkin akan lebih nyaman bagi pembaca Anda.

6. To the point
Jangan biarkan pembaca membaca tulisan yang bertele-tele karena hal itu tidak akan menyenangkan bagi mereka. Pastikan mereka sudah mendapatkan ide tentang tulisan Anda di awal kalimat; dengan kata lain, sesegera mungkin.      
 

       
   
 
















4 komentar:

wah jadi mau main blog-blogkan makasih telah berbagi

Rio Adinata said...

kalau saya tujuan ngeblog buat nambah nambah ilmu sekalian ngisi waktu luang hhe . nice artikel di tunggu artikel selanjut nya :) sukses terus

Irvien vista said...

nice artikel bang :)

wah keren tuh, artikelnya, dan tipsnya makasih gaann

Random Post