5 HAL YANG ANDA TIDAK KETAHUI TENTANG NIRVANA

Album Nirvana, "Nevermind", dirilis pada 24 September 1991. Mendapat kontrak dari Sub Pop untuk rekaman aslinya saja band ini hanya dibayar 600 Dollar Amerika. Namun pada akhirnya penjualan album ini melambung sampai 30 juta kopi diseluruh dunia.

Mungkin pada saat itu mereka kurang paham, seperti pada saat acara penganugerahan  Moon Man Award, MTV salah mengeja dengan menyebut "Smell Like Team Spirit". Namun selama bertahun-tahun Nirvana tentunya telah membentuk semangat bagi siapa saja yang ingin menjadi diri mereka sendiri, apa pun semangat "team" yang mereka rasakan.

5 HAL TENTANG NIRVANA
feelnumb.com
 Singkirkan dulu Charles Barkley, berikut 5 HAL yang anda belum ketahui tentang Nirvana.

1. Teen spirit = Deodoran, tapi Kurt Cobain tidak tahu tentang ini ketika seorang teman menulis "bau Kurt seperti teen spirit" di dinding.

Kathleen Hanna, personil band Bikini Kill dan juga Le Tigre, mabuk berat di sebuah klub bernama 40s and Canadian Club bersama dengan Kurt Cobain di bulan Agustus tahun 1990. Setelah menggambar sebuah sayap dengan menggunakan cat semprot di pusat kehamilan remaja, dengan tulisan "Tuhan itu Homo", keduanya menghabiskan waktu dan kembali lagi bermabuk di dalam apartemen Kurt. Hanna mulai menuliskan sesuatu dengan spidol pada dinding apartemen sewaan cobain. Ia kemudian menggambarkan perilaku ini sebagai "benar-benar payah aku melakukannya".

Berbulan-bulan setelah malam itu Cobain menghubungi Hanna untuk minta ijin menggunakan sebaris tulisannya di dinding. Ia berpikir, "Bagaimana bisa dia menggunakan kata 'bau Kurt seperti jiwa remaja' pada liriknya?"

Tampaknya teman band Hanna di Bikini Kill dan pacar Cobain saat itu, Tobi Vail, berhenti menggunakan deodoran yang disebut Teen Spirit. Setelah dengan Vail mungkin Cobain akan berbau jiwa remaja. Cobain tidak tahu bahwa tulisan itu adalah sebutan dari deodoran tersebut dan bukanlah suatu pujian, sampai kemudian dijelaskan, ia menjadi marah karena kesalahannya.

2. "Smells like teen spirit" seharusnya sebuah lelucon, dan ketika Kurt Cobain membuat nada, band ini awalnya membenci.

feelnumb.com
Kurt Cobain mengomentari lagu itu, "hanya menertawakan ide memiliki sebuah revolusi" dan "seluruh lagu dibuat dari ide yang berlawanan". Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone, Cobain menyebut "smells like teen spirit" hanya sebuah 'curian' dari band The Pixies dan ketika ia pertama kali menunjukkan lagu itu ke teman-teman bandnya, itu tidak berjalan baik. Krist Novoselic, pemain bas, menyebutnya konyol, namun Cobain memaksakan juga memainkan lagu tersebut selama satu setengah jam. Nirvana merasa melodinya terdengar seperti lagu Boston "more than a feeling", dan bahkan ketika memainkan lagu "smells like teen spirit' secara live.

Mengenang kembali saat Kurt cobain memainkan nada lagu tersebut dan Dave Grohl berkata, "Hanya dengan melihat Kurt menulis lirik sebuah lagu dalam waktu lima menit sebelum ia menyanyikannya untuk pertama kali, anda pasti akan sedikit tidak percaya kalau lagu itu mengandung banyak arti".

Pada baris, "Here we are now, entertain us", berasal dari candaan Kurt sewaktu ada pesta saat memasuki ruangan. Untuk mencairkan suasana, ia berkata, "Nah, kami sudah datang, hiburlah kami. Kamu yang mengundang".

3. Nirvana diusir pada saat pesta peluncuran album "Nevermind" karena memulai perkelahian dengan makanan. Mereka dikenal suka membuat lelucon dan membuat keonaran.

Pada satu penampilan Nirvana di Pittsburgh, hanya beberapa hari setelah dirilisnya album "Nevermind", para anggota band ini berkelahi di suatu lokasi. Sebagai balasan, Cobain pun membakar sofa.

Ini lebih dari sebuah legenda musik Rock, namun tampaknya setelah terlibat dalam pertengkaran dengan Axl Rose pada acara VMA tahun 1992, Courtney Love dan Kurt Cobain menurut laporan meludahi, kencing dan mengusap spermanya pada piano yang sebenarnya akan dimainkan Axl Rose di lagu "November rain". Dan malam itu ternyata Elton John lah yang menggantikan peran Rose.

Berkaitan khususnya dengan album "Nevermind", wartawan musik Everett True punya sebuah cerita mengenai malam pesta peluncuran album, dalam bukunya "Nirvana: The True Story" yang merinci bagaimana segala sesuatu menjadi tak terkontrol. 

Oh, selalu ada kejadian perkelahian makanan. Itu tak bisa dihindari lagi. Orang-orang ini seperti anak kecil. Ada yang melempar telur, perkelahian makanan, memasukkan beberapa CD ke dalam Microwave, pokoknya konyol sekali. Setelah kami selesai di acara pesta peluncuran album "Nevermind" kami semua pergi menuju rumah Susi dan memakaikan anak-anak Nirvana ini dengan kostum berupa daster, mendandani mereka dan menari-nari mengelilingi rumah dan menurutku itu adalah malam dimana Kurt menimpuki mobil milik tetangga Susi dari teras rumahnya.

4. Seharusnya bayi pada Album "Nevermind" untuk satu adegan melahirkan di dalam air

Para personil band menonton sebuah acara dokumentari di TV tentang proses melahirkan didalam air dan Kurt memutuskan, "Bagaimana jika kita pakai itu di sampul album kita". Tentu saja gambarnya terlalu ekstrim, sehingga sebagai gantinya yaitu seorang bayi yang sedang berenang.

Fotografer Kirk Weddle masih menyimpan foto-foto aslinya. Weddle menggambarkan proses pengambilan foto bayi tersebut dengan kata-kata yang sangat cepat, "Kami selamkan dia, foto-foto, tarik lagi keluar. Kami lakukan dua kali dan jadilah".

5. Kurt Cobain diusir dari apartemennya begitu album "Nevermind" keluar. Ia terpaksa tinggal di mobil.

Ketika Kurt Cobain pulang dari rekaman "Nevermind", Kotak yang berisi barang-barangnya sudah berada dipinggir jalan, dan ia baru sadar kalau sudah di usir. Disaat sedang merilis album berikutnya, Cobain masih tinggal selama berminggu-minggu di mobilnya, Plymouth Valiant keluaran 1963.  

Ini bukan yang pertama kalinya Cobain menjadi gelandangan. Sejak remaja Cobain sering berada dalam keadaan tanpa tempat tinggal pada saat-saat tertentu, baik itu diusir dari tempat ia sedang tinggal atau  diusir karena tidak dapat membayar sewa. Meskipun itu sementara, pada saat kematiaannya, Cobain diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai 100 juta Dollar Amerika.     

     

         















3 komentar:

Emang gak tau gan hehe

Band Favorit ane nih gan

jangankan 5 HAL YANG ANDA TIDAK KETAHUI TENTANG NIRVANA, nirvananya aja ane gak tau,, heheh

Random Post