MARI MENGENAL JENIS-JENIS BLEACHING GIGI

<b><a href="http://spoweck.blogspot.com">bleaching</a></b>

Bleaching digunakan untuk mengkoreksi warna gigi. Perubahan warna gigi (menjadi coklat atau kuning) umumnya disebabkan oleh adanya noda pada gigi, pertambahan usia, atau paparan bahan kimia pada gigi. Bila perubahan warnanya terlalu ekstrim atau warna gigi menjadi sangat tua, Bleaching tidak dapat digunakan. Lebih baik masalah itu diatasi dengan veneering.
Ada tiga metode bleaching, yaitu home (dilakukan di rumah), office (dilakukan di klinik), dan combine dilakukan di klinik dan dirawat di rumah). Pasien dapat memilih salah satunya sesuai dengan keinginan dan kepentingan mereka. Menurut drg. Patricia Rachel dari Dental Care, di antara ketiga metode tersebut, yang paling optimal adalah combine bleaching, karena lebih tahan lama dan warna yang dihasilkan lebih alami. Yang perlu diperhatikan, sampai 24 jam setelah bleaching, sebaiknya kita menghindari makanan dan minuman yang bisa menimbulkan noda pada gigi.

Home bleaching
Pertama-tama akan dibuat cetakan gigi (personal tray), yang disesuaikan dengan susunan dan bentuk gigi pasien. Tray ini nantinya akan diisi bahan bleaching dan kemudian, dipasang pada gigi. Pasien akan dibawakan bahan tersebut untuk diisikan ke personal tray yang akan dipakai di rumah selama tiga sampai empat jam setiap hari selama satu atau dua minggu. Biasanya perubahan warna gigi baru tampak setelah beberapa minggu. Nah, disinilah kelemahannya metode yang lain bisa lebih cepat dari metode ini.

Office bleaching
Berbeda dari home bleaching, dengan metode ini, warna gigi akan kembali putih dalam sekali kunjungan. Prosesnya hanya berlangsung selama dua jam. Tetapi, pasien tetap harus merawat giginya di rumah, agar warna giginya tidak "turun". 

Combine bleaching
Untuk proses ini, pertama-tama pasien akan menjalani bleaching di klinik. Setelah itu ia harus melanjutkan pemakaian personal tray di rumah setiap hari selama satu jam.

Pemutih di pasaran 
Sekarang ini di pasaran banyak beredar pemutih gigi yang dapat dibeli bebas. Selain obat pemutih, di dalam kemasannya juga terdapat tray. Tetapi, berbeda dari personal tray yang dibuat khusus untuk pasien tertentu, tray dalam kemasan produk pemutih tersebut bersifat umum. Padahal, susunan dan bentuk gigi setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu ada kemungkinan obat yang dimasukkan ke dalam tray luber sampai ke gusi. Akibatnya dapat menimbulkan radang gusi. Oleh karena itu sebelum memutihkan gigi, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi.

Pasta gigi
Selain teeth whitening, dipasaran juga beredar pasta gigi yang mengklaim diri dapat memutihkan gigi. Pasta gigi seperti ini memang dapat memutihkan, tetapi sebenarnya sifatnya hanya maintenance. Kadar putihnya berbeda dari bahan bleaching. Dan sudah pasti tidak tahan lama. Jika pasta gigi tersebut tidak dipakai lagi, warna gigi akan kembali ke warna semula.

Laser smile
Ini adalah teknologi terbaru untuk mengubah warna gigi dengan menggunakan laser. Prosesnya tentu saja lebih cepat dari metode-metode lain, hanya 15 menit. Setelah diberi obat bleaching, gigi disinar. Namun di Indonesia tidak banyak klinik yang melakukan metode ini.

Bidang kedokteran gigi yang berkaitan dengan upaya untuk memperbaiki kondisi gigi sehingga tercipta senyum yang lebih menawan disebut kosmetik gigi (esthetic/cosmetic dentistry). Dengan teknik tertentu, gigi dapat diputihkan, gigi yang tanggal dapat diganti, dan jarak antara gigi yang renggang dapat dirapatkan. Dalam kosmetik gigi, yang dilihat pertama kali adalah senyum dan dari senyum inilah dapat diketahui kondisi gigi pasien.
  
    

0 komentar:

Random Post