OPTIMALISASI BLOG I

fatcow.com

Bagaimana Membuat Sebuah Blog Yang Baik?

Pada dasarnya, sebuah blog yang baik tidak jauh berbeda dengan sebuah situs web yang baik karena sebenarnya karakteristik website dengan weblog itu tidak jauh berbeda. Begitu juga dengan faktor-faktor yang membuat sebuah blog menjadi lebih baik, di antaranya:

1. Kecepatan
Beberapa survei menyatakan bahwa kita hanya memiliki waktu 10-30 detik untuk menarik perhatian pembaca. Dengan demikian, kalau website yang kita rancang terlalu berat, lenyap sudah peluang itu. Jadi, kurangi jumlah gambar atau animasi yang terpasang di blog atau compress ke ukuran file yang lebih kecil. Pilihlah layanan blog yang bagus.
2. Desain
Meskipun kita bersikeras beranggapan jangan menilai orang dari bentuk luarnya, di dunia cyber tidak demikian. Orang akan menilai apakah Anda bonafide (based on KBBI) atau tidak dari penampilan web Anda. Cobalah untuk menampilkan desain terbaik, tulisan yang enak dibaca, warna yang tidak terlalu mencolok mata pembaca, dan sebuah foto terbaik kita di dalamnya. Hal ini agar mereka yang membaca menganggap web itu dibuat oleh seseorang yang bertanggung jawab. Jadi, pilihlah template blog terbaik dari yang tersebar di internet atau desain sendiri template blog yang menarik. 

3. Fokus
Kalau Anda membuat web dengan fokus pada salah satu tema yang Anda kuasai, tentunya lama-kelamaan Anda akan semakin menguasai fokus Anda tersebut. Pembaca akan dengan senang hati berkunjung ke blog Anda dengan harapan menemukan sesuatu yang baru sesuai dengan keinginan mereka. Namun, kalau blog Anda tidak fokus, pembaca pun akan berpikir bahwa Anda bukanlah orang yang capable di bidang yang merek cari, kecuali untuk blog jurnal pribadi yang memang bebas untuk Anda isi sesukanya.

4. Keyword
Keyword penting untuk kepopuleran web Anda. Namun, banyak juga orang yang hanya berkonsentrasi pada keyword yang bagus, bahkan mahal, hanya untuk menjadi populer di search engine. Padahal, berdasarkan informasi yang saya telusuri, keyword bukanlah segala-galanya. Keyword memang penting, tapi bukan segala-galanya. Karena itu, keyword boleh diperhatikan, tapi tidak untuk membuat anda sedemikian risaunya.

5. Kredibilitas
Orang-orang akan bolak-balik mengunjungi web atau blog Anda jika mereka percaya pada Anda. Jadi, jangan pernah rusak kepercayaan yang sudah mereka berikan kepada Anda. Dengan jujur dalam menulis, perlahan web Anda akan merangkak naik di search engine.

Blog Personal, Berdiri Sendiri, Domain Sendiri, Serba Sendiri

Saat ini, penyedia blog untuk yang beridir sendiri ada WordPress.org, MovableType, PMachine, Greymatter, B2Evolution, TextPattern, Expression Engine, dll.

Keuntungan dan Kekurangannya

Keuntungan:
  • Kontrol penuh terhadap desain
Walaupun kita punya kontrol penuh, namun, semua bergantung kembali pada kemampuan Anda dalam mendesain web. Saya tidak mahir dalam bidang ini dan saya sering terkesima oleh kemampuan beberapa teman saya dalam menciptakan desain yang hebat untuk blog mereka. Tentu saja para blogger dengan kemampuan yang minim harus meminta orang lain untuk membuat desain situs mereka atau memakai desain yang sudah disediakan gratis oleh orang lain.
  • Adaptabilitas
Biasanya ada komunitas pengembang yang memproduksi berbagai variasi tambahan features dan plugins untuk blog. Dengan blog yang berdiri sendiri, membeli domain sendiri, Anda bisa memasang nyaris apa saja untuk blog anda.
  • URL
Memiliki domain Anda sendiri adalah sebuah keuntungan untuk berbagai alasan: mudah diingat, lebih profesional, dan akan mudah membentuk brand Anda. Hal ini hampir tidak mungkin dilakukan lewat blog gratis. Saking banyaknya anggota layanan blog gratis, misalnya blogger.com, sangat besar kemungkinan nama yang Anda rencanakan sudah ada pemiliknya.
Kekurangan:
  • Proses set up yang rumit
Sekali lagi, ini bergantung pada kemampuan teknis Anda dan pemahaman Anda terhadap web. Ketika Anda beralih ke layanan blog yang berdiri sendiri (mandiri), Anda akan merasakan kerumitan proses set up-nya. Hal itu termasuk mempersiapkan data base dan men-download ke komputer Anda dan kemudian meng-upload-nya lewat ftp ke server web hosting Anda.
  • Biaya
Ada biaya selanjutnya, seperti domain (biaya tahunan ditambah biaya registrasi) dan biaya hosting (juga tahunan). Ada banyak kegiatan mahal lagi setelah itu. Jadi, jangan terlalu banyak menghabiskan uang. Mungkin saja nanti blog Anda akan kebanyakan trafik dan biaya pun akan meningkat untuk penambahan kapasitas situs atau mungkin Anda memikirkan rencana untuk beralih ke domain yang lebih profesional dan mahal.
  • Update
Kebanyakan layanan blog berubah versi dari waktu ke waktu. Memperbaharui dari yang satu ke yang lainnya bisa rumit jika Anda tidak memiliki kemampuan teknis dan materi yang cukup.
Jenis layanan blog seperti ini sangat ideal jika Anda menginginkan kontrol yang lebih luas atau fleksibilitas dalam kegiatan nge-blog. Blog bisa diatur dan terlihat lebih profesional. Rancangannya hanya dibatasi oleh imajinasi Anda sendiri. Tentu saja, meski Anda membuat blog mandiri, belum menjadi jaminan bahwa blog Anda akan menjadi sangat profesional. Faktanya, jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk mempersiapkan blog dengan benar (atau mengenal seseorang yang bisa membuat) blog mandiri, hal itu bisa menyusahkan dan menjadi blog yang sama sekali tidak terlihat profesional. 
 











4 komentar:

Lumayan lah bisa coba coba

makasih gan infonya ^-^

@Calvin Rizky Wildatama yoi gan, klo gak dicoba gmn kita bs tau..

@adiman syahab sama-sama gan semoga berguna..

Random Post