TIPS ARTIKEL BLOG

writemyessayonline.com

Menggunakan Judul yang Efektif

Judul adalah hal pertama yang dilihat oleh pembaca. Seandainya judul tulisan Anda memang menarik, pembaca tentunya akan segera membacanya. Namun, kalau judulnya biasa-biasa saja, tidak luar biasa, pembaca hanya akan lewat begitu saja. Oleh sebab itu, mungkin beberapa hal ini perlu Anda pertimbangkan ketika membuat judul sebuah artikel:

1. Sesederhana mungkin
Soalnya, pembaca tidak akan mau berlama-lama memperhatikan hasil pencarian di Google. Mereka akan melihat judul-judulnya dan langsung memilih satu yang sesuai saja. Judul yang terlalu panjang mungkin akan mengaburkan maknanya jika dibaca sepintas, apalagi pembaca yang ingin serba cepat. Jadi, buatlah judul tulisan sesederhana mungkin.

2. Menarik perhatian
Seperti yang sudah dijelaskan, judul yang bagus akan dapat menarik perhatian pembaca. Judul yang banyak menarik perhatian ini biasanya adalah judul-judul yang kontroversial, berupa pertanyaan, atau bahkan membingungkan Namun, bisa jadi bumerang kalau ternyata isi tulisan Anda tidak sama menariknya dengan judulnya.

3. Menggambarkan isi tulisan
Ini ada kaitannya juga dengan poin kedua. Kebanyakan pembaca akan tertarik pada judul yang sedikit menggambarkan apa yang akan mereka temukan di dalam tulisan yang akan mereka baca. Jadi, kombinasi dengan poin pertama tadi, usahakan judul yang sederhana, tapi dapat mewakili keseluruhan isi tulisan.

4. Gunakan keyword
Ini berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization, yaitu optimalisasi popularitas situs kita di mesin pencari). Semakin sering kita menggunakan keyword yang sesuai dengan tema blog kita dalam judul tulisan, semakin besar pula kemungkinan tulisan kita akan muncul di hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya.

5. Jangan asal
Meluangkan waktu sejenak untuk menulis sebuah judul yang menarik tidaklah berlebihan. Hal itu memang layak untuk dilakukan. Istilah kerennya, worth it.


Beberapa Hal Penting Tentang Artikel Blog

Tidak semua orang bisa menuliskan ide mereka dengan baik. Begitu juga dalam hal menulis konten blog. Dibutuhkan pelatihan dan kerja keras untuk akhirnya bisa menulis dengan baik. Akan tetapi, beberapa hal berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan ketika akan menulis artikel untuk blog Anda.

1. Interaktif
Alangkah baiknya jika blog Anda dapat memancing orang lain untuk ikut berpendapat. Dengan demikian, selain memancing kunjungan yang berulang, siapa tahu, pendapat pembaca yang ditulis di komentar malah ikut menjadi penarik perhatian pembaca lain untuk ikut berpartisipasi.

2. Hak cipta
Jika ingin meng-copypaste tulisan orang lain, ingatlah bahwa mereka sudah mengeluarkan tenaga dan pikiran untuk menulis. Karena itu, hargailah hasil usaha mereka dengan menuliskan nama mereka atau blog mereka sebagai sumber.

3. Kualitas dan kuantitas
Tulisan yang berkualitas memang penting. Namun, jumlah tulisan yang banyak juga berpengaruh positif terhadap blog kita. Blog amat berbeda dengan dunia kepenulisan pada umumnya. Memang, dimana-mana kualitas pasti akan berbicara banyak. Namun, didalam dunia blog, ada hubungan yang rumit dengan search engine dan unsur-unsur lain yang tidak ditemukan di dunia nyata. Di dalam dunia blog, kuantitas tulisan Anda bisa sama atau bahkan lebih berpengaruh daripada sekedar kualitas tulisan. Akan tetapi, tentunya dengan tidak menafikan kenyataan bahwa pembaca tetap menginginkan sesuatu yang bermanfaat.

4. Up to date
Pastikan tulisan yang Anda buat tidak ketinggalan zaman, terutama blog yang ingin menampilkan berita sebagai tema utama blog-nya. Kalau sudah tidak sesuai dengan waktunya, sebaiknya jangan di-posting lagi dan mencari berita baru yang lebih sesuai, kecuali tulisan yang masuk kategori evergreen atau bisa kapan saja di-posting dan tidak berkaitan dengan waktu.

5. Buat batasan sendiri
Hal ini berkaitan dengan hal-hal yang akan timbul pada kemudian hari, seperti pertanyaan-pertanyaan dari pembaca. Cobalah untuk menuliskan apa yang benar-benar Anda ketahui atau siapkan jalan keluar jika ada pembaca yang ingin bertanya dan sejenisnya atau jelaskan apa yang sedang Anda lakukan dengan blog Anda. Misalnya, dalam salah satu blog, www.tomoriku.blogspot.com, saya mengisi sebagian tulisan dengan materi kedokteran umum yang tidak saya kuasai 100%. Namun, tulisan tersebut memang saya jelaskan sebelumnya bahwa menuliskan kembali pelajaran-pelajaran saya di blog adalah salah satu cara saya untuk belajar. Dengan demikian, seandainya ada pertanyaan yang disampaikan pembaca dan saya tidak bisa menjawab, mereka juga tidak dibohongi.

6. Perbanyak sumber Anda
Hal ini untuk lebih memvariasikan tulisan atau cukup pastikan bahwa sumber yang Anda punya bonafide.

7. Gunakan cerita atau bubuhkan sedikit emosi
Tulisan-tulisan yang ngetop biasanya dituturkan dengan cara bercerita atau bernilai cerita. Mungkin, akan lebih baik jika Anda membubuhkan sedikit cerita atau imajinasi Anda di dalam tulisan-tulisan blog Anda. Di samping itu, Anda juga bisa memasukkan perasaan yang Anda rasakan ke dalam tulisan Anda.  Misalnya, ketika Anda menulis tentang kondisi Indonesia yang menyedihkan.
  

Berapakah Maksimal Panjang Tulisan?

Kadang, saya pun bingung harus menulis sepanjang apa. Terkadang, saya merasa tulisan saya terlalu panjang dan kemudian memotongnya menjadi beberapa posting-an. Terkadang, tulisan saya terasa terlalu pendek dan tidak penting. Sebenarnya, sepanjang apakah tulisan yang optimal itu?
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui berapa panjang tulisan yang optimal. Diantaranya:

Perhatian pembaca - Panjang tulisan sebaiknya cukup untuk bisa dibaca dengan singkat atau maksimal sesuai dengan waktu yang dibutuhkan oleh rata-rata pengunjung internet untuk meluangkan waktu bagi sebuah web. Ada berbagai pendapat. Anne Ahira menyebutkan 10-30 detik, sementara menurut Darren Rows 96 detik. Intinya, ringkas dan menarik.

SEO - Ternyata, di search engine, posisi teratas dalam top search bukanlah blog dengan panjang tulisan yang ekstrapendek ataupun blog dengan tulisan yang ekstrapanjang. Namun, pertengahan antara keduanya, yaitu sedang-sedang saja.

Jumlah posting - Sebuah teori dari Darren Rows mengatakan bahwa jumah posting-an yang pendek memungkinkan lebih banyak jumlah posting-an. Dengan lebih banyak jumlah posting-an, akan lebih banyak pilihan yang menarik lebih banyak pembaca lewat search engines. Coba saja simak tulisan Engadget.com, gizmodo.com, atau boingboing.net yang terkenal pendek dan singkat.

Topik - Kalau blog Anda berisi review produk, tulisannya kemungkinan besar akan lebih panjang dibandingkan jika Anda sekedar menuliskan berita. Jadi, sesuai dengan tema besar blog Anda, panjang tulisan juga akan sebanding.
     
    
   


















 

4 komentar:

ya gan, bener nih tips2 nya, agus sekali smpai di ulas begini lengkapnya

Yang paling penting itu apam sih gan? pengunjung ane kok dari dulu segini- segini saja :(

Irvien vista said...

wah mantep nih tipsnya hehe :D

alice YGK said...

nulis tulisan yang useful juga sepertinya, pasti banyak yang nyari

Random Post