CARA SERU CERIAKAN ANAK DI RUMAH



Kekecewaan terlihat dari raut wajah Tini karena tidak bisa bersepeda dengan saya dan ibunya sore ini. Hujan sejak pagi yang mengguyur kompleks rumah membuatnya bosan tanpa kegiatan dirumah. Saya pun teringat sebuah artikel yang pernah saya baca dan mengingat-ingat beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan disaat situasi seperti ini. Nah, berikut ini beberapa cara yang seru yang bisa Anda lakukan (beberapa pernah saya lakukan dan ternyata cukup seru) di dalam rumah bersama buah hati tercinta Anda untuk menghangatkan dinginnya udara hujan.

1. MEMASAK
Ajak anak mengenal dapur yang sebenarnya. Masaklah kue yang sederhana dan biarkan ia yang menuangkan bahan-bahan dan mengaduk adonannya. Arahkan saja bagaimana cara memanggang sekaligus mengingatkan bahaya dari oven yang panas. Setelah kue matang dan siap dihidangkan, berikan contoh kepada anak untuk membersihkan dapur dan mencuci peralatan masak yang kotor. Di lain waktu, Anda bisa memasak menu favorit keluarga sekaligus bersama anak belajar tentang makanan yang sehat dan nutrisinya.

2. MEMBUAT POHON KELUARGA
Anda bisa menggambar susunan anggota keluarga besar dalam bentuk pohon, cabang, dan rantingnya. Lalu, berikan nama sesuai dengan posisi anggota keluarga masing-masing. Anak akan menanyakan dan mendengarkan kisah-kisah setiap anggota keluarga, baik yang dikenal ataupun belum dikenalnya.

3. MENDEKORASI ULANG KAMAR
Anak akan menghabiskan banyak waktu dikamarnya saat cuaca hujan atau dingin, seperti bermalas-malasan dikasur atau membaca komik. Bangkitkan energi mereka dengan mendekorasi ulang kamarnya. Libatkan anak untuk memilih warna dinding dan aksesoris kamar yang baru. Apabila Anda tidak sependapat dengan pilihannya, cobalah untuk menerimanya, jadikan anak sebagai pemimpin dalam menggarap proyek ini.

4. MENIKMATI FILM
Hidupkan home theater Anda, putar film-film keluarga. Biarkan anak memilih film yang disukainya. Anak pun bisa berkreasi dengan membuat karcis dan poster film sesuai keinginan dan imajinasinya. Tugas Anda sederhana, menyiapkan popcorn dan minuman coklat hangat.

5. MENYUSUN ALBUM FOTO
Mungkin tak terhitung lagi banyaknya momen istimewa bersama anak yang Anda abadikan melalui jepretan kamera digital atau gadget. Ini saat yang tepat untuk mencetak foto-foto favorit dan menyusunnya di dalam album buatan sendiri. Anda juga bisa menyusunnya menyerupai puzzle di bingkai foto berukuran jumbo, lalu pasang di dinding ruang keluarga.

6. MENGKREASIKAN WEBSITE
Aktifitas ini tidak menuntut Anda untuk memiliki keahlian dan ketrampilan khusus. Bersama-sama, Anda dan anak bisa memilih ide dan membuat website, blog tentang kehidupan binatang peliharaan keluarga, penghargaan kepada selebriti favorit anak, atau catatan singkat tentang kesehariannya.        














Random Post