9 CARA MEMPERSIAPKAN SI KECIL SEKOLAH

si kecil di sekolah


Mulai bersekolah merupakan salah satu fase penting dalam kehidupan si kecil. Pada sebagian anak, fase ini kadang-kadang menjadi masa yang "menakutkan". Anak merasa enggan pergi ke tempat baru dan bertemu dengan orang-orang yang belum ia kenal. Berikut 9 cara yang dapat dilakukan agar si kecil siap ke sekolah.

1. TULARKAN PANDANGAN POSITIF TENTANG BERSEKOLAH
Anak-anak sangat terpengaruh oleh perilaku orang tuanya. Perlihatkan pada si kecil hal-hal positif tentang bersekolah; bahwa bersekolah itu menyenangkan dan dia dapat memiliki banyak teman. Ceritakan pula pada anak pengalaman menyenangkan Anda saat bersekolah.

2. LAKUKAN KUNJUNGAN KE SEKOLAH BERSAMA SI KECIL
Perlihatkan padanya ruang kelas dan berbagai fasilitas sekolah serta biarkan dia berkenalan dengan para guru sebelum masa bersekolah di mula.

3. LAKUKAN PERSIAPAN BERSEKOLAH BERSAMA-SAMA
Ajak si kecil berbelanja keperluan sekolahnya. Selain menyenangkan, kegiatan ini dapat membangun antisipasi anak untuk mulai bersekolah. Biarkan anak memilih perlengkapan sekolahnya.

4. ADAPTASI KEGIATAN BERSEKOLAH
Biarkan si kecil tahu akan seperti apa jadwal kegiatan sekolahnya nanti. Beritahu jam berapa sekolah dimulai dan berakhir setiap harinya. Lakukan adaptasi seminggu sebelum sekolah dimulai. Bangunkan anak pada waktunya agar dia memiliki waktu yang cukup untuk bersiap ke sekolah.

5. JAWAB PERTANYAAN SI KECIL
Tanyakan perasaan si kecil tentang memulai bersekolah. Apa saja yang membuatnya bersemangat dan apa saja yang menjadi ketakutannya. Kemudian jawab pertanyaan-pertanyaan tentang apa saja yang mungkin dia alami di sekolah.

6. BERI TAHU SI KECIL BAHWA BUKAN HANYA DIRINYA YANG MERATAKUT UNTUK MULAI BERSEKOLAH
Katakan bahwa anak-anak lain juga merasakan hal yang sama. Biarkan si kecil tahu bahwa Anda selalu memikirkannya saat dia di sekolah. Katakan bahwa mesti tidak bersamanya di sekolah, dia selalu berada di pikiran Anda.

7. BERTEMAN
Usahakan agar si kecil dapat berkenalan dengan seorang atau beberapa orang teman sekelasnya sebelum sekolah dimulai. Hal ini akan membuat dia lebih tenang karena telah memiliki teman di sekolah. Saat mulai bersekolah, sekali-kali atur agar si kecil dapat berangkat ke sekolah bersama temannya.

8. ORANG TUA SIAGA
Yakinkan si kecil bahwa jika terjadi masalah disekolah, Anda akan selalu mendampinginya untuk membantunya menyelesaikan masalah.

9. KEGIATAN LUAR SEKOLAH
Cari tahu tentang kegiatan setelah sekolah yang dapat diikuti si kecil. Pilih kegiatan yang dapat menambah semangatnya untuk ke sekolah seperti olahraga atau kegiatan seni.


KAPAN SIAP BERSEKOLAH?
Berikut beberapa tanda kesiapan si kecil bersekolah.
  • KEMAMPUAN BERBAHASA
Si kecil dapat mengikuti instruksi dan memahami apa yang dikatakan orang lain kepadanya serta dapat menyampaikan sesuatu dengan baik secara verbal.

  • KONDISI FISIK
Anak yang memiliki kekurangan secara fisik atau menderita penyakit kronis mungkin akan mengalami kesulitan dengan beberapa faktor di sekolah. namun, hal ini bukan berarti mereka tidak siap untuk bersekolah, hanya saja orang tua perlu mempertimbangkan untuk memilih sekolah yang sesuai dengan kondisi anak.

  • KEMAMPUAN DAN KOORDINASI MOTORIK
Si kecil sudah dapat menggunakan alat tulis, dan melakukan kegiatan yang membutuhkan koordinasi antara mata, tangan, dan gerakan. Misalnya menulis, menggunting , dan menempel.

  • KEMAMPUAN KONSENTRASI DAN EMOSIONAL
Misalnya si kecil sudah dapat bersosialisasi dan bermain bersama teman dan dapat memahami aturan permainan, seperti instruksi permainan dan aturan menang kalah.

  • KEMANDIRIAN
Misalnya si kecil sudah bisa melakukan beberapa hal dengan sedikit bantuan orang lain, seperti berpakaian, pergi ke toilet, dan mengikuti rutinitas tertentu.


YANG DAPAT DILAKUKAN ORANG TUA!
Orang tua dapat membantu anak untuk mempersiapkan diri menuju dunia sekolah dengan berbagai kegiatan yang dapat mengasah kemampuannya. Berikut diantaranya:

  • Membacakan buku untuk si kecil dan menggunakan buku sebagai bagian dari aktivitas bersama yang menyenangkan sehari-hari.
  • Mengeksplorasi kemampuan berbahasa si kecil lewat aktivitas tanya-jawab. Tanyakan sesuatu pada anak, dengarkan jawabannya, dan dorong anak untuk mengajukan pertanyaan "mengapa".
  • Mendorong keingintahuan alami si kecil. Lakukan hal-hal yang berbeda setiap hari, dorong anak untuk mencoba melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda.
  • Melatih si kecil untuk berpakaian dan melepas pakaiannya sendiri, serta bagaimana menggunakan toilet.
  • Menyiapkan pensil, pensil warna, dan kertas untuk kegiatan menulis dan menggambar si kecil. Beri pujian atas hasil karyanya.
  • Mengajak anak bermain dengan teman-temannya dari berbagai kelompok sehingga dia dapat belajar bersosialisasi dan menghadapi berbagai situasi pertemanan.

        
          



















































    1 komentar:

    Random Post