TIPS AGAR SI KECIL SUKA BERSEKOLAH

si kecil suka bersekolah


Membuat si kecil mau berangkat ke sekolah memang sebuah keberhasilan bagi orang tua. Namun, tugas belum selesai! Orangtua harus memastikan bahwa si kecil suka pada sekolah dan pelajarannya. Bukan hal yang mudah tetapi juga bukan hal yang tidak mungkin. Berikut beberapa tips agar si kecil menyukai rumah keduanya, sekolah.

  • Apa yang menarik di sekolah hari ini?
Setiap hari tanyakan hal menarik dan yang anak sukai di sekolah. Anak kecil biasanya sangat antusias terhadap hal baru dan ingin menceritakannya pada orang lain. Menanyakan tentang hal-hal yang menyenangkan di sekolah secara tidak langsung akan memberitahu anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan.

  • Mainkan games detektif
Setiap kali anak menceritakan sesuatu, tanyakan: apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Hal ini dapat meningkatkan rasa ingin tahunya akan sesuatu sekaligus meningkatkan kemampuan si kecil dalam menjawab pertanyaan atau menghapalkan sebuah rangkaian.

  • bersikap tanggap
Jika melihat anak mengalami kesulitan dengan sebuah mata pelajaran, terutama dalam pelajaran dasar seperti membaca, menulis, atau berhitung, segera berikan bantuan. Adalah hal yang wajar jika anak tidak menyukai hal yang tidak dapat dilakukannya, jadi jangan tunggu hingga anak mengatakan betapa ia tidak menyukai matematika, misalnya. Ketidaksukaan pada pelajaran dapat memicu ketidaksukaan anak pada sekolah. 
  • Tumbuhkan kepercayaan diri
Ajak guru dan para pembimbing pelajaran si anak untuk sering-sering menumbuhkan kepercayaan diri anak. Misalnya dengan mengatakan ia anak yang berbakat, anak hebat, atau pujian tulus lainnya.

  • Bantu anak mengatur dirinya
Ajak anak menyusun jadwal belajar hariannya dan bantu ia untuk menepati jadwal tersebut. Kurangi gangguan pada waktu belajarnya dengan membangun suasana yang disukai anak. Persiapkan pula segala kebutuhan perlengkapan yang akan ia bawa ke sekolah sejak malam harinya, agar esok pagi anak tidak terburu-buru menyiapkan kebutuhannya.
  • Menulis mengungkapkan perasaan
Ajarkan anak untuk  mengungkapkan apa yang dirasakannya dalam bentuk gambar atau tulisan. Bisa jadi anak kita tidak bisa terlalu ekspresif mengungkapkan perasaannya secara verbal. Menulis atau menggambar bisa membantu menyalurkan emosi anak. Jika diketahui ada masalah melalui ungkapan tulisan atau gambarnya, diskusikan solusi terbaik bersama anak.

  • Periksa pelajarannya
Tidak harus dilakukan setiap hari, tapi lakukan cukup sering agar si kecil tahu bahwa Anda memiliki perhatian terhadap hal yang dikerjakannya. Jika menemukan jawaban yang salah, jangan langsung memperbaikinya, biarkan anak yang melakukannya. Para guru juga perlu mengetahui apa yang tidak dimengerti oleh si anak.  
   
 




0 komentar:

Random Post