ANTARA LEMAK PRIA DAN SERAT

lemak dan serat

Merancang diet adalah langkah pertama menuju kehidupan sehat. Tanpa kita sadari, sebenarnya ada dua kelompok bahan makanan yang sangat berperan dalam kesehatan pria: Lemak dan serat. Jadi kali ini kita akan membahas mengenai diet yang benar untuk kaum pria.
Lemak adalah kehidupan dan serat adalah pengaman. Menurut Dr. Leane, Msc., ahli dari instalasi gizi Universitas Kristen Indonesia, seorang laki-laki membutuhkan kalori antara 2500 - 3000 kalori untuk aktifitas berat. Namun jika hari Anda hanya diisi dengan duduk di belakang komputer, maka Anda hanya membutuhkan 2200 - 2500 kalori. Mungkin anda sudah banyak yang tahu bahwa anda membutuhkan keseimbangan yang tepat antara lemak dan serat. tapi, tahukah Anda bahwa pada beberapa jenis makanan keduanya berhubungan erat? Salah satu contoh adalah kacang. Kacang mengandung banyak sekali serat dan juga mengandung lemak nabati. 
Serat berguna untuk mengurangi tingkat kolesterol, bahkan juga mengurangi resiko kanker. Selain menolong proses penurunan berat badan, tekanan darah tinggi dan kadar lemak pada tubuh, serat membuat Anda mengunyah lebih lambat dan menjadi cepat kenyang. Serat juga membuat usus Anda lebih lama mencerna hingga meninggalkan perasaan kenyang terus-menerus. Inilah beberapa tips tentang bagaimana Anda sebaiknya mengkonsumsi lemak dengan baik untuk memenuhi kebutuhan kalori dan mencukupi kebutuhan serat anda setiap hari.

  • KURANGI GORENGAN
Restoran biasanya cenderung mendaur ulang minyak goreng mereka, membuat kentang goreng yang Anda makan mengandung asam lemak yang cukup untuk membahayakan jantung. Jangan menambah beban jantung dengan mengonsumsi daging ayam goreng, apalagi dengan mengonsumsi gorengan di malam hari (bayangkan bila minyak itu telah habis menggoreng ratusan potong ayam sepanjang hari). Ini dapat mengakibatkan kolesterol tinggi, dan dalam keadaan lelah, beban jantung dan hati akan bertambah. Cobalah makanan yang di panggang, proses ini dengan sendirinya akan mengurangi kandungan lemak. oh ya, berhentilah jajan tahu goreng di seberang kantor. Belilah sekantung kacang kulit garuda yang lebih berguna bagi Anda.

  • KURANGI DAGING SAPI
OK lah, banyak orang yang menganggap Anda belum menjadi lelaki bila tidak makan daging. Ada benarnya: konsentrasi kreatine, enzim yang dibutuhkan untuk memperbaiki fungsi otot tubuh, secara alami paling banyak terkandung pada daging sapi daripada daging lainnya. Namun kadang kita mengonsumsi daging sapi secara berlebihan. Anda suka kikil, buntut, jerohanserta lidah sapi? Memang semuanya gurih...tapi penuh dengan lemak yang siap menyumbat kapiler Anda. Cobalah mulai memilih daging dada dan paha belakang. Untuk setiap 3 onsnya jenis-jenis daging ini hanya mengandung 1,9 dan 1,4 gram lemak. Jadi jangan hindari daging sama sekali. Dalam daging sapi terdapat konsentrasi Conjugated Linoleic Acid (CLA) yang tinggi. Beberapa penelitian berhasil menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi CLA dalam jumlah tinggi lebih mudah menurunkan berat badan dibandingkan mereka yang tidak makan daging sama sekali. Mengkonsumsi daging antara 50 g - 100 g per hari sudah cukup, jangan berlebihan.

  • MINYAKI
Resep masakan di daerah Laut Tengah yang sarat dengan minyak zaitun dipercaya berhasil mengurangi resiko penyakit jantung. Di dalam minyak zaitun terdapat asam oleik, yang dapat mengurangi kadar kolesterol LDL yang jahat serta vitamin E yang membantu menghancurkan radikal bebas. Minyak Zaitun selain melindungi jantung Anda dengan dua dengan kedua komponen di atas, juga mengandung antioksidan yang mempertahankan sel tubuh yang sehat. Mulailah meng-gongseng (pan-fry) masakan Anda dengan minyak zaitun.

  • MAKAN KACANG
Jangan takut, protein tidak melulu berasal dari daging. Dr. Leane mengemukakan bahwa mengudap kacang hijau, kedelai tanah atau mete, dapat mengurangi kolesterol LDL 8 hingga 12 persen serta juga memberikan kalori yang cukup untuk tubuh kita.
  • UNGGAS ADALAH PILIHAN
Daripada memakan roti lapis sapi untuk makan siang atau malam, cobalah roti lapis dada ayam. Bagian tertentu daging unggas, seperti dada misalnya, mngandung lebih sedikit lemak daripada daging sapi namun rasanya tidak kalah nikmat bila Anda menyajikannya dengan tepat. Tenggelamkan daging itu di antara irisan tomat, jamur yang dimasak dengan minyak zaitun, bawang merah dan selada. Dan Anda akan mendapat panganan yang membuat pria-pria yang tak peduli diet pun ingin ikut mencicipinya.
  • GAYA HIDUP ORANG JEPANG
Jangan salah, saya tidak mengharapkan Anda untuk pergi ke restoran sushi setiap hari, yang kemungkinan pasti akan menipiskan dompet Anda. Densitas manusia berusia diatas 100 tahun per 1000 penduduk paling padat di Jepang. Ini tentu saja berhubungan dengan konsumsi ikan mereka yang sangat tinggi. Daging ikan mengandung lebih banyak asam omega-3 dan selenium, sejenis anti-oksidan yang membuat metabolisme menjadi lebih baik dan dapat mencegah prostat. Banyak dari kita yang kurang menyukai daging ikan karena alasan amis atau rasanya hambar. Tetapi jangan khawatir. Negara kita adalah negara bahari dan sebenarnya banyak sekali cara untuk mengolah ikan. Bila Anda memang anti ikan, cobalah memakan hasil laut lainnya.
  • PETIK BIJINYA
Roti gandum dan beras mengandung tiga kali lebih banyak serat daripada roti tawar. Dr. Leane menerangkan bahwa roti gandum menggunakan gandum yang tidak halus serta masih mengandung kulit. Bila kita memakannya, kulit ini mengandung serat yang baik bagi pencernaan. Sedangkan roti putih yang biasa kita makan, adalah gandum yang benar-benar sudah diayak. Yang tersisa hanyalah lemak tak berguna.
  • CINTA SEBATAS KULIT
Serat mudah larut yang terdapat dalam buah-buahan dan sayur mayur sama bermanfaatnya dengan yang terdapat dalam biji-bijian. Makanan yang kulitnya dapat dimakan seperti buah apel, belimbing, jambu biji, tomat dan anggur tentu saja memiliki kadar serat yang besar. Durian juga memiliki kandungan serat, tapi saya tidak menyarankan Anda untuk memakan kulitnya.
  • BACALAH
Anda membeli makanan yang sudah diproses? Jangan lupa membaca label yang berada di belakangnya. Label dari makanan berkualitas memberikan angka kandungan lemak total dan serat. Pastikan makanan yang Anda konsumsi memiliki perbandingan satu banding tiga antara jumlah total lemak dan lemak jenuh. Selain itu, jangan ragu memilih makanan yang mengandung lebih dari 5 gram serat per porsi (biasanya tertera di atas label dan bukannya porsi yang Anda mampu makan setelah bungkus Aluminium berhasil Anda buka) Semakin tinggi kandungan seratnya, semakin baik makanan tersebut.                             

2 komentar:

Blog Copas said...

wah ane sering banget makan Gorengan gan, hampir tiap hari

kalo menghilangkan kebiasaan makan gorengan gak mmungkin deh :)

Random Post