MENGENAL MOBIL-MOBIL AMFIBI

Kendaraan amfibi pertama VW Schwimmwagen yang dikembangkan VW  dan Porsche untuk keperluan militer Jerman era tahun 1946-an masih terus diburu kolektor dunia. Berbekal mesin 1.100 cc empat silinder, kendaraan 4WD ini mampu merenangi sungai dengan pendorong baling-baling yang dipasang di belakang. Berlanjut pada tahun 1960-an, untuk pertama kalinya Jerman memproduksi variant Amphicar untuk pasar umum. dan saat ini mobil-mobil amfibi modern dengan performa yang mengejutkan tengah terus dibangun dan dipersiapkan untuk masuk pasar. Sementara itu, bus amfibi justru telah benar-benar beroperasi di banyak negara.
Pada kesempatan kali ini saya akan menghadirkan beberapa kendaraan amfibi baik yang pernah ada, yang masih konsep, yang sudah diproduksi terbatas dan yang dimaksudkan untuk masuk pasar.  

SEKILAS AMFIBI TEMPOE DOLOE
Berbicara sejarah mobil amfibi, sebenarnya yang pertama itu bukanlah VW Schwimmwagen. Mobil amfibi sudah pernah dibuat pada tahun 1805 oleh Oliver Evans, pemegang paten mobil pertama di Amerika. Dengan tenaga uapnya, mobil ini sanggup jalan di darat dengan roda dan berenang di air dengan roda panel. Tapi selanjutnya tidak ada kabar pengembangan lain.
Kendaraan amfibi menjadi lebih dikenal dengan kelahiran VW Schwimmwagen pada tahun 1946-an. Berbekal mesin 1.100 cc empat silinder, kendaraan 4WD ini mampu mengarungi sungai dengan pendorong baling-baling yang dipasang di belakang. Walau hanya menghasilkan tenaga 25HP, Schwimmwagen adalah keajaiban teknologi pada jamannya. Di luar segmen mobil, teknologi amfibi Jerman sudah diaplikasikan pada kendaraan perang berantai Landwasserschlepper yang didemonstrasikan pertama kali pada tanggal 2 Agustus 1940.
Masih dari Jerman, pada tahun 1960-an hadir mobil amfibi yang diproduksi secara massal untuk pasar umum. Secara performa, mobil ini masih memiliki ketimpangan yang tinggi antara kemampuan melaju di darat yang mencapai 112 kilometer per jam dengan kecepatan di permukaan air yang hanya mencapai 11 kilometer per jam.  "A sensation on land and water", begitu tagline promo mobil ini yang dipasarkan hingga di luar Jerman. Dari sebuah penawaran di situs www.amphicar.com, harga koleksi untuk mobil amfibi ini sekitar 29.995 dollar Kanada atau sekitar 2,79 milyar rupiah.

AMFIBI-AMFIBI YANG DINANTI
Pembuatan konsep-konsep dan prototipe mobil amfibi tidak berhenti dan terus bergulir hingga saat ini. Beberapa berhenti pada konsep saja, beberapa pada prototipe dan masih menunggu disempurnakan , dan sementara ada juga yang siap untuk masuk produksi dan dipasarkan. Tentang model dan performa tentunya sudah sangat lain dibandingkan dengan masa-masa awal dulu. Berikut adalah beberapa di antaranya yang saya dapatkan dari beberapa sumber.

Aquada 
image: autoblog.com
Mobil amfibi karya Gibbs Technology. Mobil yang sudah mulai diproduksi sejak tahun 2003 ini dilengkapi dengan teknologi HAS (High Speed Amfibi) dan mampu melaju di permukaan air hingga kecepatan 55 kilometer per jam. Lima kali lebih cepat dibanding Amphicar. Amfibi ini dibandrol seharga 150.000 pound sterling. 

 Quadski 
image: autodada.com
Kendaraan yang didesain untuk penumpang tunggal ini juga produksi Gibbs Technology. Menggunakan mesin motor besar BMW, Quadski bisa melaju hingga 70 kilometer per jam. Kabarnya, amfibi ini akan dibandrol 40.000 dollar untuk pasar Amerika tahun ini. Gibbs juga berambisi untuk benar-benar memasarkan ini ke pasar dunia tahun ini juga. 

 Rinspeed Splash  
image: 1trans.net
Menggunakan konsep Hydroplane, mobil amfibi ini bisa melaju lebih cepat dari Aquada hingga kecepatan 80 kilometer per jam. Ketika melaju di permukaan air, bagian bawah mobil ini terangkat dan berfungsi seperti papan ski air. 







 Amphigator 
image: jeepz.com
Ini adalah varian amfibi dari Jeep Gator yang dibuat oleh WaterCar.Inc, sebuah perusahaan yang memang fokus untuk kendaraan-kendaraan amfibi. 
Pengembangan kendaraan amfibi tidak hanya fokus pada mobil-mobil kecil saja, tetapi juga bis. Dan untuk varian bis ini justru sudah benar-benar dioperasikan sebagai sarana transportasi sekaligus sebagai daya tarik industri pariwisata di banyak negara. 
Salah satu manufaktur yang saat ini mendominasi produksi bis amfibi adalah Cool Amphibious Manufactures International (CAMI) yang berbasis di Karolina Selatan, AS. Dan salah satu variannya Hydra-Terra sudah beroperasi di 16 negara yaitu Bermuda, Dubai, Inggris, Irlandia, Jepang, Malaysia, Poerto Rico, Virgin Islands, Alaska, Boston, California, Florida, Hawaii, New York dan Rhode Island. 
Amfibus lain yang juga sudah dikenal luas adalah di Belanda yang diantaranya dioperasikan oleh Stagecoach Group. Yang unik adalah Amphicoach GTS-1. Bis dengan panjang 12 meter yang dioperasikan di pantai Budapest, Hungaria sebagian besar produksinya dilakukan secara manual!          

1 komentar:

roy said...

such a great car, on land and water too. i got to have this car but...in my dream lol

Random Post