OPTIMALISASI IKLAN PADA BLOG

Iklan di blog Anda akan sia-sia jika hanya menghasilkan kurang dari satu dolar per hari, apalagi per bulan. Oleh karena itu setiap iklan yang terpasang harus dimaksimalkan. Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan pendapatan dari iklan yang terpasang di blog, terutama iklan berbasis teks, seperti Yahoo! Publisher Network (YPN), Google Adsense, atau Bidvertiser.
Beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar iklan-iklan yang dipasang di blog menjadi optimal adalah sebagai berikut:

1. TRAFIK
Mungkin, sebagian dari Anda sudah mengetahui cara iklan YPN atau Google Adsense bekerja. Ya, benar! Anda akan mendapatkan imbalan berupa dolar setiap kali ada yang mengeklik iklan yang dipasang di blog Anda. Akan tetapi apakah semua orang yang datang berkunjung akan melakukannya? Tentunya, hanya beberapa orang saja yang akan mengeklik iklan yang terpasang di blog Anda dari sejumlah kunjungan yang datang. Mulai dari titik ini, kita akan sedikit berbicara seperti MLM. Misalkan, ada 100 orang prospek, mungkin hanya 50 yang bisa Anda beri presentase; dari 50 orang tersebut, mungkin hanya 20 yang tertarik; dari 20 orang itu, mungkin hanya 9 orang yang bergabung. Jika disederhanakan, dari 100 orang prospek, hanya 9 orang yang menghasilkan.
Kembali ke iklan Google Adsense, YPN, dll. Proses yang akan terjadi tidak jauh berbeda dengan analogi MLM tadi, tetapi dengan perbandingan yang lebih "sadis" (dari 1000 pengunjung, mungkin hanya ada 15 orang yang menghasilkan klik/dolar). Artinya, untuk mendapatkan hasil maksimal, dibutuhkan jumlah pengunjung yang maksimal juga. Dalam dunia internet, hal ini disebut trafik.

2. POSISI IKLAN
Pernahkah Anda membayangkan (saya sering menemukan) blog dengan jumlah trafik yang gila-gilaan, tetapi tidak menghasilkan dolar dalam jumlah yang sama luar biasanya? Hal itu lebih sering disebabkan mereka memang tidak mengerti cara memasang iklan di blog. Mungkin, hal ini tidak akan mengecewakan sang pemilik blog karena memang dia belum melakukan apa-apa. Hal yang patut disayangkan adalah apabila si pemilik blog sudah mendaftar, kemudian memasang iklan di blog-nya, tetapi menempatkan iklan tersebut di posisi yang tidak efektif; setelah menunggu sekian lama, ternyata hasil yang didapatkan masih jauh dari jumlah yang bisa diuangkan.

Sebenarnya, Google sendiri sudah menyediakan panduan mengenai posisi-posisi strategis untuk memasang iklan. Diantaranya:
Alasannya karena bagian ataslah yang muncul pertama kali ketika sebuah situs di internet mulai terbuka. Dengan memposisikan iklan di bagian atas, pengunjung akan segera disuguhi dengan iklan tersebut dan mungkin langsung tertarik, dan akhirnya.....klik!
  • Di dalam artikel
Setelah pengunjung membaca sebuah artikel, tidak jarang mereka malah semakin ingin tahu. Dengan adanya iklan yang berbentuk link-link ke situs terkait, tentunya mereka akan segera mengeklik link tersebut dan....dollar! 
Petunjuk yang diberikan Google Adsense sendiri mengenai posisi iklan yang bagus digambarkan sebagai berikut.

Warna merah adalah daerah paling strategis; paling banyak menghasilkan klik yang secara otomatis juga berarti paling banyak menghasilkan dolar.

3. DESAIN IKLAN
Desain iklan yang dibuat seolah menyatu (blended) dengan desain keseluruhan blog terbukti sebagai salah satu cara yang sangat efektif untuk memberikan tingkat klik yang optimal. Namun, tidak seperti logika iklan di dunia nyata, semakin besar, semakin efektif dan menarik perhatian. Ada sebuah fakta penting yang sering disampaikan oleh blogger-blogger senior, yaitu iklan di dalam blog harus dibuat sangat biasa hingga bahkan tidak terlihat seperti iklan.

4. UKURAN IKLAN
Ukuran iklan ternyata juga turut mempengaruhi hasil klik yang dipanen. Dalam sebuah forum di internet, dijelaskan fakta bahwa ukuran 468x60 terbukti sebagai ukuran iklan yang paling efektif. 

















 
 

1 komentar:

Rafid Aslam said...

sip gan artikelnya...

blogwalking rh-w.blogspot.com ....

Random Post