APA ITU BLOG?

blogtopsites.com

Sebagai orang awam, jangankan anda yang baru mendengar istilah "blog-blogan", seseorang yang sudah beberapa tahun menjadi blogger masih bingung cara menjelaskan secara pasti apa yang dimaksud blog itu. Bagi saya sendiri yang saya ingat adalah blog pertama yang saya buat diisi dengan puisi-puisi yang mewakili perasaan yang saya rasakan setiap hari. Dengan kata lain, awal mula saya tertarik membuat blog adalah sebagai tempat curhat, sebagai diary, atau jurnal harian.

Pada awalnya, kata blog dipakai sebagai kependekan dari Weblog, yaitu istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di-update secara kontinyu dan berisi link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Roger Yim, seorang kolumnis San Fransisco Gate, pada Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet. Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada Mei 1999 menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa dari pada sekedar kumpulan link, tapi kurang instrospektif dari pada sebuah diary yang disimpan di internet.

Setelah berjuang beberapa lama mencari makna kata blog, saya menemukan beberapa definisi yang menurut saya bisa digunakan untuk menjelaskan apa itu sebenarnya blog. Diantaranya, oleh www.harvard.edu, blog didefinisikan sebagai susunan teks, gambar, objek, media, dan data yang disusun secara berurutan yang bisa ditampilkan pada browser HTML. Sementara itu, menurut www.marketingterms.com, sebuah weblog adalah 'publikasi personal dari buah pikiran seseorang yang diterbitkan secara rutin'.

www.computersprintersrepairshouston.com dan www.matisse.net menyatakan bahwa weblog pada dasarnya adalah 'sebuah jurnal yang tersedia di web'. Aktifitas memperbarui blog disebut "blogging" dan seseorang yang memiliki blog disebut "blogger". Blog biasanya di-update setiap hari dengan menggunakan software yang memungkinkan mereka yang memiliki latar belakang teknis sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali bisa meng-update dan mengelola blog-nya. Tulisan pada blog hampir selalu berurutan.

Kata blog berasal dari kependekan weblog. Menjadi penulis blog, mengelola blog, atau menambahkan artikel pada blog yang sudah ada disebut "blogging". Artikel pribadi di dalam blog disebut sebagai "blog post", "post", atau "entries". Seseorang yang memasukkan tulisan ini disebut "blogger". Sebuah blog adalah perpaduan teks, hyperteks, gambar, dan link (link ke web lain atau video, audio dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi bergaya konversasional. Seringkali blog terfokus pada topik tertentu, seperti apa yang terjadi dengan politik dunia. Beberapa blog membicarakan pengalaman pribadi. Demikian definisi blog menurut www.wikipedia.org.

Kalau diambil benang merah seluruh definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa blog adalah sebuah sarana tulis-menulis tempat semua orang bebas mengekspresikan apa yang ingin disampaikan dan tulisan tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna internet.

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman Whats new pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer, bahkan sebelum Netscape. Pada Januari 1994, Justin Hall memulai website pribadinya, Justins Home Page, yang kemudian berubah menjadi Links from the underground yang mungkin dapat dikatakan sebagai blog pertama yang  mirip dengan blog yang kita kenal sekarang.

Tahun 1998, jumlah blog yang ada di luar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat sebuah blog. Oleh sebab itu, hanya mereka yang berkecimpung di bidang internet, System Administrator, atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan blog mereka sendiri.

Pada Agustus 1999, sebuah perusahaan yang berbasis di Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar tentang HTML  dapat menciptakan blog-nya sendiri secara online dan gratis walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat blog online dan gratis, yaitu Pitas, telah ada dan telah membuat blogger bertambah hingga ratusan.

Secara sederhana, topik sebuah blog adalah daerah kekuasaan si blogger-nya tanpa ada editor atau bos yang ikut campur. Tema segila apa pun dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya blog di Internet. Rebecca Blood menulis bahwa setelah ia membuat blog-nya, ada dua efek samping yang terjadi yang tidak pernah ia perkirakan sebelumnya. pertama, ia menemukan kembali minatnya semenjak ia mulai membuat blog. Kedua, yang lebih penting, ia mulai lebih menghargai cara pandangnya sendiri. Ketika setiap harinya ia meng-update blog-nya, ia mulai mempertimbangkan opini dan ide-idenya dengan lebih hati-hati dan ia mulai merasakan bahwa perspektifnya adalah unik dan penting untuk disuarakan.

Menulis blog atau blogging setiap hari akan membuat blogger menjadi penulis yang lebih percaya diri. Dengan terbiasa mengekspresikan pikiran pada blog-nya, seorang blogger dapat dengan lebih baik mengartikulasikan opininya. Blog bahkan dapat menjadi semacam terapi jiwa.

Blogger menurut sifat dasarnya bukanlah reporter. Mereka berperan sebagai editor dalam blognya masing-masing dan dalam sebuah dunia dengan budaya media yang telah jenuh, blog menjadi suara-suara alternatif yang menyuarakan bunyi independen dalam setiap ulasannya. Blog bukanlah obat mujarab untuk budaya yang telah jenuh dengan media, tapi mudah-mudahan blog adalah salah satu peredanya.             










1 komentar:

Hidin said...

semangat gan ...ngeblognya :D

Random Post